SERBA-SERBI :

Tips Sukses Masuk STAN

Ditulis oleh Andre pada hari Kamis, 06 Januari 2005 | 07.15

Menurut penulis, sesungguhnya tidak ada tips/kiat tertentu agar sukses menjadi mahasiswa/mahasiswi Sekolah Tinggi Akutansi Negara (STAN). Namun, tak ada salahnya jika calon peserta USM STAN mempersiapkan diri sedini mungkin agar peluangnya masuk lebih besar dan lebih percaya diri ketika bersaing dengan puluhan bahkan ratusan ribu peserta lain.

Terdapat beberapa faktor pendukung agar kita sukses diterima di STAN, yang terdiri dari beberapa unsur pokok:

  • Kecerdasan Akademik

  • Kecerdasan Emosi dan Mental

  • Kecerdasan Spiritual
Kecerdasan Akademik

Pra-syarat mutlak agar bisa mengikuti seleski awal USM STAN adalah kemampuan akademik, yaitu berupa nilai rata-rata ujian minimal 7,0. Tidak perduli apakah ada nilai 5 atau 4 atau berapapun, yang penting ketika dirata-ratakan nilainya 7,0.

Begitu anda memenuhi syarat diatas, barulah anda dapat mendaftar sebagai peserta ujian, hanya saja ini masih permulaan dan baru memenuhi syarat sebagai peserta. Untuk memperbesar peluang masuk di STAN, ada beberapa kemampuan lagi yg dibutuhkan, yaitu kecerdasan emosi, kecerdasan mental dan kecerdasan spiritual.

Persiapan secara akademik yang perlu dipersiapkan sejak dini, antara lain :

Potensi Akademik dan Kemampuan Umum, yang bisa diasah sejak dini dengan mempelajari buku persiapan masuk STAN yang banyak dirilis alumni STAN, sebaiknya pilihlah buku persiapan/kumpulan soal yang benar-benar berkualitas. Kemampuan umum (skill) dapat diasah dengan mengikuti perkembangan terkini dari media (televisi, koran, internet, radio, dll).

Tidak hanya itu, kemampuan bahasa asing harus ditingkatkan, terutama bahasa Inggris. Untuk itu kita dapat mengikuti kursus-kursus yang banyak diadakan lembaga non-formal.

Selain bahasa asing, tidak ketinggalan juga Bahasa Indonesia. Pada umumnya, Materi bahasa Indonesia mendapat porsi paling sedikit, namun perlu dipersiapkan dengan baik agar dapat mendongkrak nilai. Bahasa Indonesia sering dianggap mudah, namun jika kita lebih teliti, banyak peserta yang terjebak, oleh sebab itu miliki pula buku pedoman ejaan yang disempurnakan.

Kecerdasan Emosional dan Mental

Walau kita sudah memenuhi syarat secara akademik, namun jika saat ujian kita tidak siap secara emosional dan mental, atau mungkin panik, grogi dan sebagainya, hal ini sangat memengaruhi hasil akhir yang akan kita peroleh, karena dapat memecah konsentrasi dan berakibat tidak dapat mengerjakan soal dengan baik.

Kecerdasan Spiritual

Kecerdasan spiritual ini merupakan faktor yang paling menentukan. Sebagus apapun persiapan anda, jika Tuhan tidak menghendaki, maka meraih kesuksesan itu merupakan hal mustahil. Sebaliknya, walaupun persiapan anda biasa-biasa saja, bukan tidak mungkin peluang masuk STAN terbuka lebar. Sebab itu, selain persiapan fisik, mental, emosional, persiapan spiritual juga penting.

Bagaimana mempersiapkan 'persiapan spiritual'?

Setelah semua dipersiapkan, hal terakhir yang perlu kita lakukan adalah memohon kepada Tuhan Yang Maha Menentukan, atau lebih tepatnya Maha Meluluskan :p , agar kiranya diberi kemudahan untuk bisa sukses masuk STAN. Persiapan spiritual selain dengan banyak berdoa, juga banyak minta doa orang tua, saudara, teman serta dengan memperbanyak sedekah dan berbuat baik. Kesimpulannya, selalu berusaha dan mendekatkan diri kepada Tuhan YME.

Sumber
Share this article :

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Galeri Bocah - by Andry Andreas Panggabean | Blog Belajar SEO | Optimasi Blog di Google
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger