SERBA-SERBI :

Seberapa Penting-kah Pagerank?

Ditulis oleh Andre pada hari Senin, 13 Februari 2012 | 11.05

Banyak blogger yang bertanya tentang Pagerank. Pertanyaan yang paling sering diajukan adalah bagaimana cara meningkatkan pagerank. Ternyata, banyak blogger yang berkeyakinan bahwa pagerank adalah sesuatu yang sangat penting (termasuk saya). Bahkan bagi sebagian blogger, pagerank adalah segala-galanya. Tidak hanya itu, beberapa program Paid Review-pun memakai Pagerank sebagai ukuran kualitas suatu blog. Namun apakah sedemikian yang disebutkan diatas?

Berikut saya akan membahas beberapa hal tentang pagerank.

  1. Apakah itu Pagerank?

    Pagerank adalah sistem peringkat halaman blog atau situs yang dirancang oleh Google sebagai gambaran tingkat kualitas suatu blog atau situs tersebut di internet. Pagerank sendiri terdiri dari nilai 1 sampai 10. Semakin tinggi nilai pagerank, semakin tinggi pula kualitas halaman di mata Google. Untuk mengecek nilai pagerank suatu blog, silahkan klik disini.


  2. Bagaimana sistem perhitungan pagerank?

    Jujur saya katakan saya sendiri tidak tahu. Sistem algoritma untuk menghitung Pagerank memang tak banyak diketahui orang lain. Barangkali orang yang mengetahui algoritma tersebut hanyalah karyawan Google sendiri. Namun, secara umum, teori sistem perhitungan pagerank adalah berdasarkan nilai kualitas backlink ke blog kita.


  3. Kapan sajakah Pagerank diupdate?

    Tidak ada jadwal tetap/pasti. Namun kabar yang beredar saat ini mengatakan bahwa Google saat ini lebih sering melakukan update pagerank, tidak seperti dulu yang bisa sampai 3 bulan sekali.


  4. Apakah nilai Pagerank yang sudah diraih bisa turun?

    Tentu saja bisa. Pagerank bisa naik dan bisa turun juga. Faktor yang paling menentukan penurunan pagerank adalah kualitas backlink yang buruk. Backlink dari farm link atau backlink titipan program paid review adalah contoh backlink buruk yang sering menyebabkan turunnya page rank.


  5. Bagaimana cara meningkatkan pagerank?

    Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, inilah pertanyaan yang paling banyak diajukan para blogger. Intinya tunjukkan kepada Google bahwa blog anda memang berkualitas dengan berbagai trik optimasi. Dan jangan lupakan satu hal yang berpengaruh, yaitu backlink. Untuk mendapatkan backlink, anda bisa merujuk di sini atau disini


  6. Apakah Pagerank penting?

    Ini relatif. Jika anda ngeblog hanya sebagai 'buku harian' ataupun sekedar iseng tanpa bermaksud menghasilkan uang, pagerank sama sekali tidak penting. Pagerank juga tidak dibutuhkan jika anda melakukan 'monetize blog' melalui program PPC, karena yang terpenting disini adalah visitor. Pagerank baru penting jika Anda menghasilkan uang dengan blog Anda melalui strategi jual beli domain, program paid review dan jual beli link. Semakin tinggi page rank blog Anda, maka semakin tinggi harga yang bisa Anda tawarkan.

Pertanyaan yang menggelitik untuk kembali diajukan, apakah pagerank penting? Semuanya tergantung kebutuhan anda. Saran saya, jangan terlalu risau dengan penurunan pagerank blog anda karena itu merupakan hal yang biasa. Pagerank hanyalah satu faktor dari sekian faktor lainnya yang menentukan kesuksesan blog.

Sepanjang Anda menikmati aktivitas blogging yang Anda lakukan dan benar-benar ingin berbagi memberi manfaat untuk pembaca blog Anda, (mudah-mudahan) page rank tinggi akan datang dengan sendirinya. Jika pembaca blog Anda merasa mendapatkan manfaat setelah membaca blog Anda, dengan sukarela dan ikhlas, mereka akan memberikan backlink yang akan meningkatkan page rank blog Anda.
Share this article :

Artikel Terkait:

3 komentar:

  1. Setuju sekali. Yang penting kita Happy blogging aja, PR bisa kita raih dikemudian hari dan itu ada prosesnya, bukan hal yang instan karena butuh perjuangan dan keaktifan dalam berblogging. Dengan blogging bisa tambah teman dan bisa berkarya serta menambah pengetahuan dan wawasan lewat blogging dan blogwalking.

    Salam happy blogging.

    BalasHapus
  2. blog ku pageranknya berapa yah.?? hehehe
    sip gan postingannya..

    BalasHapus
  3. Tergantung dari seseorang. kalau dia berbisnis jualan link ya pagerank merupakan suatu hal yang sangat penting, kalau hanya sebuah site pribadi atau hanya berisi catatan harian ya pagerank itu gak penting. (pendapat seoarang newbie

    BalasHapus

 
Copyright © 2011. Galeri Bocah - by Andry Andreas Panggabean | Blog Belajar SEO | Optimasi Blog di Google
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger