SERBA-SERBI :

Malaysia Mengklaim Berbagai Budaya Milik Indonesia

Ditulis oleh Andre pada hari Senin, 18 Juni 2012 | 13.06

Beberapa hari ini sedang panasnya berita mengenai klaim Malaysia atas budaya milik Indonesia. Tindakan yang sebenarnya bukan hal baru lagi, karena sebelumnya juga Malaysia telah mengklaim berbagai budaya-budaya di Indonesia. Hal ini menimbulkan kemarahan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Seiring berjalannya waktu, Malaysia justru kembali membuat onar dengan pernyataan terbarunya yang membuat panas telinga, yaitu Malaysia mengklaim Tari Tortor yang jelas-jelas punya orang Batak yang ASLI INDONESIA.


Berbagai kemarahanpun ditunjukkan masyarakat Indonesia. Ini bisa dilihat dari berbagai reaksi keras yang ditunjukkan masyakarat Indonesia (termasuk saya) dijejaring sosial Twitter. Bahkan saking marahnya, #TorTorPunyaIndonesia menjadi Trending Topics di Twitter.

#TorTorPunyaIndonesia
#TorTorPunyaIndonesia menjadi Trending Topics di Twitter

#TorTorPunyaIndonesia
Berbagai reaksi dari teman saya terkait klaim Malaysia.
Klaim Malaysia memang sangat meresahkan masyarakat. Namun sepertinya mereka tetap saja berusaha mengklaim segala budaya milik Indonesia. Berikut pernyataan mereka melalui situs resmi Bernama.com.


Bukan sekali ini saja mereka mengklaim budaya Indonesia sebagai milik mereka, sebelumnya mereka juga mengklaim berbagai budaya di Indonesia. Beberapa diantaranya tarian Reog, Baju Batik, Tari Pendet, Wayang Kulit, dan masih banyak lagi

Jika melihat sejarah kebelakang, hubungan antara Indonesia dan Malaysia memang selalu berbau kontroversi. Saya masih teringat kalimat Pak Soekarno yang dimuat oleh banyak media terkait tindaktanduk Malaysia.



“Malaysia kita ganyang. Hajar cecunguk Malayan itu! Pukul dan sikat jangan sampai tanah dan udara kita diinjak-injak oleh Malaysian keparat itu”

Dari kalimatnya jelas tergambar bagaimana seriusnya Pak Soekarno dalam membela tanah airnya. Pada dasarnya beliau bukan membenci Malaysia, tapi beliau membenci siapa saja yang selalu berusaha berbuat onar terhadap Indonesia.

Saya sebagai orang Batak dan jutaan masyarakat Batak di Indonesia merasa sangat terhina dengan klaim Malaysia. Namun sepertinya kita orang Indonesia bisa sedikit bernafas lega, karena Pemerintah mulai mengambil langkah dalam hal ini. Seperti yang dilansir VivaNews, Pendataan Budaya di Indonesia sudah mulai direncanakan. Semoga hal ini bisa mengatasi permasalahan ini, dan membungkam mulut Malaysia. Hidup Indonesiaku!

Mengenai berbagai klaim Malaysia selama ini, bagaimana tanggapan anda? Berikan tanggapan melalui form komentar dibawah.
Share this article :

Artikel Terkait:

1 komentar:

  1. nice post, visit me back www.amaliafy.com :)

    BalasHapus

 
Copyright © 2011. Galeri Bocah - by Andry Andreas Panggabean | Blog Belajar SEO | Optimasi Blog di Google
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger