SERBA-SERBI :

4 Tips Memilih Template Blog

Ditulis oleh Andre pada hari Selasa, 03 Januari 2012 | 09.10

template blog
Ketika akan membuat blog, alangkah baikya kita memilih konsep template terlebih dahulu. Dalam kegiatan 'blogging', template adalah unsur yang sangat penting dalam menentukan kesuksesan blog. Jangan sampai kita jadi sering gonta-ganti template gara-gara tidak pernah puas dengan setiap template yang sudah kita gunakan. Oleh karena itu, kita perlu jeli dalam memilih template. Dan unsur lain yang perlu kita perhatikan adalah faktor SEO.

Berikut saya akan jabarkan sedikit tips agar anda bisa lebih jeli dalam memilih template serta bisa memaksimalkannya di blog anda.

Tips dalam Memilih Template Blog
http://www.blogger.com/img/blank.gif
Ada beberapa poin penting yang perlu kita perhatikan dalam memilih template, antara lain:

  1. Tujuan blog/website itu dibuat.

    Pada saat mulai membuat blog, biasanya sudah terpikir dalam benak kita, apa tujuan dari blog kita, sebab itu alangkah baiknya anda pikirkan matang-matang untuk mencari template blog yang sekiranya sesuai dengan isi/tujuan blog anda. Contohnya, jika blog anda berisi artikel bahasa Inggris dan ditujukan untuk berbisnis online Google Adsense, alangkah baiknya jika anda mencari template yang memang dirancang untuk memaksimalkan pendapatan di Google Adsense.


  2. Gunakan Template Blog yang tampilannya menarik.

    Selain faktor tujuan/topik, faktor tampilan juga sangat penting. Di internet, banyak sekali template dengan tampilan menarik yang bisa anda dapatkan, baik yang berbayar maupun gratis. Luangkan waktu untuk mencari template yang benar-benar cocok untuk blog anda, dan menarik dari segi penampilan. Jangan sampai kita menyesal ketika menemuka template yang menurut anda tampilannya lebih menarik dari template yang sekarang anda gunakan. Oleh sebab itu, pikirkan matang-matang.


  3. Gunakan Template Blog yang ringan.

    Faktor penting lainnya yang perlu kita perhatikan adalah ukuran (size) dari template tersebut. Kita harus bisa mengira-ngira seberapa berat blog kita dibuka ketika menggunakan temlate tersebut. Berdasarkan pengalaman saya memperhatikan visitor, kebanyakan dari mereka akan enggan berkunjung ke blog/situs yang proses loadingnya lama. Oleh karena itu faktor ukuran template sangat penting. Template blog yang menggunakan terlalu banyak animasi/widget biasanya cukup berat ketika dimuat di blog, oleh karena itu perhatikan juga penggunaan widget. Beberapa faktor yang membuat template menjadi berat:

    - Terlalu banyak gambar ukuran besar.
    - Terlalu banya widget atau variasi yang terpasang.
    - Ukuran template yang besar.
    - Faktor server hosting yang terlalu sibuk tau memang lambat.

    Dari hal tersebut kita bisa kita bisa memilih template yang bagus dan cepat proses loadingnya. Untuk mengukur kecepatan blog beserta komponen yang paling lengkap bisa anda coba di websiteoptimization

    Dari pengukur tersebut maka anda bisa melihat berat tidaknya blog tersebut utuk di akses. Untuk ukuran standar pada ukura kolom download time untuk koneksi 14,4 k blog anda jangan melebih angka 200 second. Pada kolom page objek perhatikan keterangan warna yang dicetak merah.


  4. SEO Friendly

    Saya pribadi belum tahu pasti template jenis apa yang memang friendly terhadap search engine. Tetapi anda bisa melihat dan mencari di Internet dengan kata kunci Blogspot SEO Template.


Itulah beberapa poin penting yang saya bisa jabarkan terkait Tips Memilih Template Blog, semoga bermanfaathappy.
Share this article :

Artikel Terkait:

15 komentar:

  1. Ternyata memang tidak muncul ya... coba tanya sama beben-koben.blogspot.com mungkin dia tau tuh mas apa masalahnya...
    ge pula dia ramah kok berbagi tutorial...

    BalasHapus
  2. punya saya tidak menarik, tetapi ringan... T.T...

    BalasHapus
  3. @ari ibnu : gan saya pengen banget ngasih copy template ini ke orang yg bisa mengatasi problem saya gann,soalnya nih emoticonnya ga muncul2 -_-..

    @kakve_santi: cari aja di http://www.premiumbloggertemplates.com sist, disitu templatenya bagus2 :)

    BalasHapus
  4. bang anddre nih Js nya.
    script src='http://idub.007sites.com/donor_ilmu/emotion.js' type='text/javascript'/

    BalasHapus
  5. yang mau tolongin saya, bisa tolong edit templatenya supaya kode yahoonya berfungsi, silahkan download template blog saya ini gan di tautan berikut : http://www.ziddu.com/download/18066565/template-4093570879762785414.rar.html kalau udah selesai dan berhasil,tolng beritahu saya gann, bantuan agan2 dan sista2 sangat saya harapkan :(

    BalasHapus
  6. masalhanya tuh, sepertinya JavaScript yg dari master Kendhin dah expired!!!
    yg ini nih
    http://kendhin.890m.com/comments.js
    kalo bisa ganti itu ke yg punya sourcenya!!!
    sok cobain hosting lg, dan gantikan itu sama yg baru^^

    BalasHapus
  7. itu dia gann,saya gak pakai script itu lagi.mas kendhin kan gak pernah online lagi,jd saya pikir emg udh expired, aduhh gimana lah yaa ~x(

    BalasHapus
  8. ada link scriptnya nggak yg emotikon...
    kalo ada sok kirim

    BalasHapus
  9. kamu ini pakek trik emot komentar si kendhin!!! ato yg sapa!!!

    BalasHapus
  10. @bebenkoben: maksudnya gan? maaf saya kurang mengerti bahasa agan. :)

    BalasHapus
  11. saya skrg pake js nya dwinkha mas,, aduhh jgn marah gann, saya jadi takutt

    BalasHapus
  12. Haha bener banget sob, meski udah lama ngeblog saya sering banget gunta ganti template. hehe. Tapi sekarang sih udah enggak.. :D
    CucuHermawan.com

    BalasHapus
  13. @Cucu Hermawan: haha,saya pun sama sobb.tapi diusahakan lahh supaya gak usah gantiganti, edit template yg udah ada aja,biar makin nambah pengalaman,makin nambah ilmu juga :))

    BalasHapus
  14. template blog saya banyak fitur gambarnya, pernah saya coba edit malah hasilnya tidak bagus,, Dilema banget nie gan
    trims atas info di atas..

    BalasHapus

 
Copyright © 2011. Galeri Bocah - by Andry Andreas Panggabean | Blog Belajar SEO | Optimasi Blog di Google
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger