SERBA-SERBI :

Tools Menarik dan Gratis untuk Edit Template Blog

Ditulis oleh Andre pada hari Rabu, 04 Januari 2012 | 13.55

notepad++
Template adalah sesuatu yang vital dalam dunia blogger. Pada umumnya, sering terjadi dimana blogger tidak puas dengan template blog yang sudah dimilikinya, dan ingin mengeditnya. Hanya saja, banyak blogger yang sering mengalami kesulitan saat ingin memodifikasi/edit template blog, contohnya pada saat mengikuti beberapa tutorial, beberapa user mengalami kendala seperti bagaimana cara menemukan kode tertentu ataupun mengeditnya supaya lebih mudah. Posting saya kali ini akan membahas tools bagus yang dapat anda gunakan untuk melakukan edit template blog anda.

Untuk bisa meng-edit template bloog, hal mutlak yang perlu anda ketahui adalah anda harus mengerti dengan kode CSS maupun HTML. Tools yang akan saya jabarkan berupa sebuah aplikasi terpisah dengan browser dan tools lain yang berupa addons yang menyatu dengan Mozilla Firefox, dan pastinya tools berikut adalah gratis.

Syarat penting untuk anda bisa edit template blog anda adalah paling tidak anda mengerti dengan kode-kode css maupun html. Tools yang saya beberkan berupa aplikasi terpisah dengan browser dan tolls lain yang berupa addons yang menyatu dengan browser mozilla firefox, dan yang pasti tool berikut ini adalah gratis.

  1. Pixel.

    Ini merupakan aplikasi yg dapat anda pakai untuk mengambil sebuah contoh warna dari berbagai media. Anda hanya perlu menjalankan aplikasi ini, lalu anda letakkan cursor mouse anda pada media yanag anda akan ambil samle warnanya, kemudian salin saja kode HTML warna yang muncul.

  2. Notepad++

    Aplikasi ini berguna untuk mengedit kode html template blog anda. Beberapa kelebihannya yang saya suka adalah, ketika anda meletakkan cursor mouse pada suatu kode pembuka HTML, aplikasi ini juga akan memberikan blok pada kode itu baik pada pembuka maupun penutup. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan kode-kode CSS yang lain yang bisa anda pakai untuk meng-edit template blog anda.

  3. MeasureIt

    Merupakan addons untuk Mozilla Firefox, MeasureIt berguna untuk mengukur panjand dan lebar dari blog anda dalam satuan pixel. Anda cukup menggeser mouse pada blog dan anda akan mendapatkan jumlah panjang dan lebar dari gambar atau element blog yang anda ukur.


  4. Web Developer

    Aplikasi berikut juga merupakan addons Mozilla Firefox. Aplikasi ini menyediakan fitur yang sangat lengkap. Jika anda tidak mengerti bahasa pemrograman template blog, anda bisa gunakan ini untuk mengetahui bagian mana yang hendak diedit, dengan cara menekan View Information, lalu letakkan cursor mouse anda di bagian blog yang hendak anda edit. Maka kode CSS dari template blog tersebut akan diberikan Web Developer, dan anda tinggal melakukan edit pada bagian itu.
Nah, anda bisa pilih dan tentukan, kira-kira Tools yang mana yang menarik bagi anda dan bisa anda gunakan.
Share this article :

Artikel Terkait:

1 komentar:

 
Copyright © 2011. Galeri Bocah - by Andry Andreas Panggabean | Blog Belajar SEO | Optimasi Blog di Google
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger