SERBA-SERBI :

Cara Keluar dari Google Sandbox

Ditulis oleh Andre pada hari Senin, 13 Februari 2012 | 13.17

google sandbox
Sebelum kita masuk lebih jauh ke dalam penjelasan tentang Google Sandbox, harus dicatat bahwa tidak semua orang setuju dengan keberadaan Google Sandbox. Sandbox sebenarnya tidak lebih dari sebuah teori yang dikembangkan untuk menjelaskan apa yang banyak diamati dan dirasakan oleh para ahli SEO. Apakah sandbox benar-benar tidak ada, sebenarnya tidak relevan ketika kita tahu bahwa efek sandbox ada.

Kebanyakan diantara para blogger tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah Google. Tentu saja, Google merupakan mesin pencari yang paling populer dan paling banyak digunakan saat ini. Selain tampilannya yang 'fresh', hasil pencarian yang ditampilkan juga sangat akurat. Intinya, kita semua tentu sudah familiar dengan yang namanya Google. Lantas saya ingin bertanya, apakah sobat semua sudah tahu dengan yang namanya Google Sandbox?

Google Sandbox bisa diibaratkan sebuah 'penjara' bagi para blog. Google Sandbox adalah suatu keadaan/kondisi dimana sebuah situs menghilang dari halaman indeks Google. Terkadang situsnya ter-indeks, hanya saja beberapa posting blog tersebut sama sekali tidak ter-indeks. Biasanya situs yang terkena efek ini adalah situs/blog yang masih berusia muda, namun bukan lantas situs yang sudah 'uzur' dan mempunyai ranking bagus di Google tidak akan terkena efek Google Sandbox.

Google Sandbox adalah tempat sementara sebuah situs atau blog diparkir dan dinilai oleh Google. Apakah alamat tersebut layak muncul dalam SERP atau tidak. Tentu pertimbangan Google ini didasari oleh peraturan-peraturan yang telah diberikan.

Secara normal sebuah situs baru bisa keluar dari Sandbox setelah 6 bulan. Hal inilah yang menjadikan Google Sandbox sebagai salah satu momok besar bagi setiap blogger dan webmaster. Namun jangan khawatir, karena ada beberapa cara agar blog lebih cepat keluar dari penjara Google Sandbox, dan berikut yang sudah saya praktekkan dan saya rasakan manfaatnya winking.

  1. Hentikan Optimasi SEO off-page untuk sementara waktu.

  2. Buatlah artikel yang berhubungan dengan artikel yang belum terindeks/mungkin sedang terkena sandbox google dan buatlah link (inbound link) ke artikel yang tidak terindeks/(mungkin) terkena sandbox.

  3. Ping halaman utama.

  4. Carilah Backlink minimal PR 3 sebanyak 5 Backlink.

  5. Buatlah artikel tentang sandbox google dan jangan lupa buat link ke google.com

  6. Selamat Mencoba.

Saya sudah mencoba trik diatas dan hasilnya sangat memuaskan, esok harinya posting-posting baru yang sebelumnya tidak terindeks dalam jangka lama, akhirnya terindeks juga. Beberapa diantaranya adalah posting-posting tersebut.

  1. Ade Namnung Meninggal Dunia
  2. Mengenal Sosok Ade Namnung
  3. Anang dan Ashanty Menikah??
  4. Dream Theater - Build Me Up, Break Me Down
  5. Mengenal Sosok Ade Namnung
  6. SLANK - Sejarah Slank
  7. SMASH - I Heart You (Lirik dan Video)
  8. Sejarah J-Rocks Band


Saya benar-benar sangat senang. Sebelumnya saya sempat frustasi, sampai-sampai saya coba posting artikel tentang humor dan ternyata sangat lama sekali diindeks. Namun setelah saya praktekkan, kesemuanya terindeks dalam jangka waktu 1 hari. Saya tidak tahu apakah ini memang efek dari teknik menautkan posting, tapi inilah hasilnya. Posting-posting berikut (dan yang lainnya) telah terindeks di Google.

  1. 'Pentil' Coklat
  2. Ani Yudhoyono Mastur Basi
  3. Beda Merokok dan 'Dirokok'
  4. Belajar Politik: Macam-macam 'Isme'
  5. Benar sekali bang!
  6. Buka Baju dan Celana
  7. Dosen Yang Juga Seorang Pejabat
  8. Giliran inem Dong
  9. Humor Seks - Teka-teki Seks
  10. Mengapa Surga Di Telapak Kaki Ibu?
  11. Mensyukuri Kemerdekaan Indonesia
  12. Organ Tubuh yang Dapat Membesar 7 Kali?
  13. Pengaturan Berita Oleh Negara
  14. Profesi Anak Ibu Penjual Kue
  15. Seks Dalam Istilah Komputer
  16. Solusi Untuk Wabah Kelaparan
  17. Tidak boleh keluar Malam-malam
  18. Trik Prajurit Memperoleh Kelulusan Dengan Cepat
Kesimpulannya, apakah hal diatas dikarenakan trik menautkan posting? Saya tidak berani menyimpulkan untuk anda, tapi kesimpulan saya sendiri mengatakan 'YA'. Dan satu posting yang belum terindeks saat ini adalah Daftar Situs Dofollow Social Indonesia, semoga terindeks secepatnya happy. Saran saya, silahkan sobat praktekkan cara diatas dan rasakan hasilnya, jangan lupa feedback (komentarnya), Terimakasih happy.


TRIK DIATAS SAYA DAPATKAN DARI ARTIKEL INI : CARA KELUAR DARI SANDBOX GOOGLE (Google Panda), SENGAJA SAYA BUAT DENGAN TULISAN SEPERTI INI SEBAGAI UCAPAN TERIMAKASIH SAYA happy
Share this article :

Artikel Terkait:

14 komentar:

  1. Semoga para sobat blogger tidak masuk penjara google...hehe, maksudnya artikelnya semua bisa di index dengan baik.

    Nice artikel..i like it.

    BalasHapus
  2. mudah2an ya sist,walaupun kenyataannya saya sedang kena google sandbox -_- ,mudah2a bisa secepatnya terbebas :)

    BalasHapus
  3. Oalah bikin penasaran aja nih postingannya. di tunggu updatenya bos

    BalasHapus
  4. wah... gitu ya..., ane baru tahu gan, trims...

    BalasHapus
  5. artikel kontes ane kena gan.

    padahal udah peringkat 3 kamren.. :(

    BalasHapus
  6. masih mending gan.ane sebelumnya menang #1 Google untuk keyword 'Tips Menghadapi Ujian Nasional',sekarang malah ga tau entah kemana tuh posting.terindeks sih,tapi melorot posisinya,nyebelin kan mbah googlenya :(

    BalasHapus
  7. belakangan robot2 yg tugasnya ngecrawl memang lagi liburan, tidak sedikit yg mengalami telat indeks dan posisi SERP yang berubah. Bahkan robot2 yg biasanya datang dari Mountain View tapi sekrang td lagi, mlah datang dari luar US, mungkin itu robot cadangan yg ditugaskan ngecrawl, menggantikan temannya yg sedang liburan :D

    Rajin2lah cek webmastertool, lihat dibagian sitemap, sampai saat ini statusnya masih sering pending, cobalah utk resubmit.

    kejadian telat indeks, lama indeks, posisi SERP bergoyang, hal itu lumrah terjadi setiap tahunnya, apa lagi Google selalu mengupdate Algoritmanya.

    Jadi selagi ketika di ketikkan site:http://www.andrepanggabean.com di google dan masih ada indeks, itu bukanlah Sandbox.

    Cara yang dilakukan diatas menautkan artikel yg masih fresh ke artikel yang lebih tua memang salah satu cara untuk memberi tahu robot yang datang ke artikel baru ternyata ada artikel yang lebih lama, ketika dia sempat lupa isi absen di blog ini, hehehe....

    BalasHapus
  8. jadi blog saya ini ga kena sandbox ya mas?wah senangnya hehehehe. saya udah was2,mudah2an pulih sepenuhnya.thanks om datuk bertuah pencerahannya :) bdw, gimana kita tahu asal robot2 peng-crawl itu datang? dari feedjit bisa ketahuan gak?

    BalasHapus
  9. lebih jelas kedetek klu make sitemeter,bisa lihat bendera, dan nama bot yg datang. pake hitstat bisa jga.. tpi kurang jelas kelihatannya..

    BalasHapus
  10. wah bang datuk bertuah ramah bgt, thanks ya bang datuk bertuah :)

    BalasHapus
  11. klu masih bingung... ntar ketemu aja.. sambil minum kopi bareng :)

    BalasHapus
  12. oh ya.. satu lagi.. coba perbaiki heading blog, seprti H1, H2 dan H3. Aku lihat di home page dan inner page tidak ada H1.

    BalasHapus
  13. thanks infonya, tadinya ane bingung posting terbaru ku yang lumayan rame pengunjung ternyata umurnya cuma sehari dan langsung hilang dari peredaran, ternyata kayanya kena kotak pasirnya mbah nech.

    BalasHapus
  14. Serem emang Gan, google sandbox nya. Waktu itu saya pernah ngalamin dari blog saya yang lain. 2 bulan di penjara ame google baru bisa keluar dari Sel nye Mbah Gugel itu.
    Tips nya makasih gan, kalo terkena lagi pake cara ini. Dijamin ampuh ye Gan.>? hehe piss.
    Salam Kenal degh ^_^ Muaach..

    BalasHapus

 
Copyright © 2011. Galeri Bocah - by Andry Andreas Panggabean | Blog Belajar SEO | Optimasi Blog di Google
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger