SERBA-SERBI :

Cara Mengatasi Tingkat Pengangguran

Ditulis oleh Andre pada hari Jumat, 10 Februari 2012 | 13.18

Masalah Pengangguran telah menjadi sebuah fakta dan problematika yang sangat familiar di Indonesia. Cara Mengatasi tingkat pengangguran memang tidak mudah dan sangat membutuhkan kerja keras antara pemerintah dan masyarakat secara keseluruhan.

Pengangguran yang dimaksud disini adalah tidak mempunyai pekerjaan sama sekali yang mengakibatkan seseorang tidak memiliki pendapatan yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Tak hanya itu, dampak negatif dari pengangguran masih sangat banyak dan harus segera diatasi semaksimal mungkin.


  • Kemiskinan merupakan salah satu dampak negatif utama dari masalah pengangguran. Seseorang yang menganggur dalam waktu lama tentunya perlahan-lahan akan menjadi miskin walaupun pada awalnya memiliki banyak uang.
  • Jika sudah miskin, tentunya seorang yang pengangguran akan bingung bagaimana cara mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhannya. Pada akhirnya seorang pengangguran akan mengambil jalan pintas dengan bertindak kriminal untuk mendapatkan uang. Tidak hanya itu, jumlah pengemis dan gelandangan juga akan bertambah.
  • Secara individu, orang yang menganggur tentu akan stres dan depresi. Tak hanya karena tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup, ia bisa saja akan dikucilkan oleh masyarakat.

Beberapa tips berikut perlu dilakukan untuk mengurangi pengangguran dan menghindari akibat dari pengangguran tersebut.
  • Memberi pendidikan gratis bagi warga yang kurang mampu. Salah satu penyebab seseorang susah mendapat pekerjaan dan menjadi pengangguran adalah karena tidak memiliki pengetahuan yang cukup, oleh karena itu ada baiknya untuk memberi pendidikan gratis bagi warga yang kurang mampu.
  • Untuk mengurangi tingkat pengangguran, Pemerintah sebaiknya menyediakan lapangan pekerjaan yang sangat banyak sehingga dapat menyerap para pengangguran tersebut untuk dijadikan tenaga kerja.
  • Tidak hanya Pemerintah, masyarakat pun sebaiknya membuka lapangan kerja juga dengan cara berwirausaha. Hal ini sangat dianjurkan bagi masyarakat yang mampu dalam membuka usaha dan lapangan kerja.
  • Mendirikan tempat-tempat pelatihan keterampilan, misalnya kursus menjahit, pelatihan membuat kerajinan tangan, atau BLK (Balai Latihan Kerja) yang didirikan di banyak daerah. Hal ini juga termasuk cara mengatasi pengangguran, sehingga orang yang tidak berpendidikan tinggi pun bisa bekerja dengan modal keterampilan yang sudah mereka miliki.
  • Pemerintah diharapkan mendirikan suatu lembaga bantuan kredit atau langsung bekerja sama dengan bank-bank tertentu untuk memberikan kredit pada masyarakat yang kurang mampu. Kredit tersebut diharapkan dapat membantu mereka untuk mendirikan suatu usaha, misalnya UKM atau sejenisnya.
  • Sebagai antisipasi, pelajar perlu diberi pendidikan non formal. Pendidikan non formal bisa berupa keterampilan khusus, kemampuan berkomunikasi atau peningkatan EQ, serta diarahkan untuk menjadi lulusan sekolah yang mempu menciptakan suatu lapangan pekerjaan. Bukan semata-mata sebagai lulusan sekolah yang hanya bisa melamar pekerjaan.

Itulah beberapa contoh cara mengatasi pengangguran yang menjadi salah satu masalah besar di Indonesia. Pengangguran adalah hal buruk yang harus segera diatasi di Indonesia, agar segala dampak negatifnya pun bisa dihindari. Oleh karena itu Cara Mengatasi Tingkat Pengangguran pun perlu dilakukan. Semoga bermanfaat :) .
Share this article :

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Galeri Bocah - by Andry Andreas Panggabean | Blog Belajar SEO | Optimasi Blog di Google
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger