SERBA-SERBI :

Cara Membuat Mesin Pencari Di Blog

Ditulis oleh Andre pada hari Rabu, 18 April 2012 | 21.43

Jika sobat memperhatikan sudut kanan blog ini, maka sobat akan melihat sebuah mesin pencari. Apakah guna mesin pencari itu dipasang pada blog?

Ketika seorang pengunjung blog mencari sesuatu di blog kita, apa yang ia lakukan? Tentu ia akan menggunakan mesin pencari yang ada di blog dan mengetikkan kata kunci yang berhubungan dengan informasi yang dicari, dengan harapan akan mendapatkan artikel yang berisi informasi yang dicari.

Intinya, mesin pencari berfungsi untuk mencari artikel yang berisi informasi yang dibutuhkan pada sebuah situs/blog dengan menggunakan kata kunci tertentu. Saat ini Search Engine tidak bisa dipisahkan dalam dunia internet. Dengan Search Engine kita bisa mencari tahu tentang suatu hal yang kita inginkan sesuai dengan keyword yang kita ketikkan, yang mau dibahas disini adalah bagaimana caranya membuat search engine di blogger.

Jika sobat ingin membuat dan memasang mesin pencari di blog sobat, maka sobat bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Login ke akun blogger sobat.
  2. Seperti biasa, klik pada Rancangan -> Tambah Gadget -> HTML/Javascript. Maka akan muncul kotak Mengkonfigurasi HTML/Javascript
  3. Copy paste kode berikut pada kotak yang disediakan.

  4. <form action="http://nama-blogmu.blogspot.com/search" method="get"> <input class="textinput" name="q" size="30" type="text"/> <input value="search" class="buttonsubmit" name="submit" type="submit"/></form>

  5. Ganti nama-blogmu.blogspot.com dengan URL blog sobat. Angka 30 adalah batasan jumlah karakter yang dapat dimasukkan pada kotak mesin pencari, sobat bisa membiarkannya atau mengatur jumlahnya sesuai selera. Sedangkan Search adalah tulisan yang muncul pada tombol yang ada di mesin  pencari. Boleh sobat ganti dengan Cari ataupun dengan teks lainnya sesuai keinginan.


  6. Terakhir, klik Simpan.

Nah, sekarang mesin pencari sudah muncul di blog sobat, silahkan mesin pencarinya diuji coba dan rasakan keampuhannya big grin.
Share this article :

Artikel Terkait:

5 komentar:

  1. kalau yang custom bisa ga bro :D

    BalasHapus
  2. gmana cara agar blog tampil di pencarian gogle

    BalasHapus
  3. optimasi gan.banyak trik SEO yg bisa diterapkan untuk memantapkan blog di mesin pencari. :)

    BalasHapus
  4. thanks banget masbro, tips nya berguna banget :)

    BalasHapus

 
Copyright © 2011. Galeri Bocah - by Andry Andreas Panggabean | Blog Belajar SEO | Optimasi Blog di Google
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger