SERBA-SERBI :

Definisi Backlink, Backlink Adalah?

Ditulis oleh Andre pada hari Kamis, 03 Mei 2012 | 14.53

Jika anda sudah cukup lama berkecimpung dalam dunia blogging, tentunya tidak asing lagi dengan istilah-istilah seperti SEO, SERP, atau juga backlink. Beberapa istilah yang saya sebutkan barusan erat kaitannya tentang bagaimana meningkatkan traffic blog. Kali ini saya ingin membahas sedikit tentang backlink.

Sebuah blog yang memiliki banyak kunjungan dan ramah terhadap search engine (SEO Friendly) tidak terlepas dari faktor backlink. Semakin banyak backlink berkualitas yang mengarah ke situs tersebut, semakin baik akredibilitas situs tersebut di mesin pencari. Blog AndrePanggabean.com ini sendiri selalu saya optimasi dengan mencari backlink-backlink yang mengarah ke blog ini. Bagaimana saya mendapatkan backlink dari situs/blog lain?

Sederhana, saya mendapatkannya dengan cara berkomentar di blog lain, walaupun terkadang sesekali saya juga mensubmit artikel di Social Bookmarking sehingga mendapatkan backlink juga. Setidaknya dalam satu hari saya selalu meluangkan waktu untuk berkomentar di 5 buah blog setiap harinya. Tentunya saya memilih blog-blog yang memang berkualitas untuk saya tanamkan backlink yang mengarah ke blog saya. Contohnya seperti KRTutorplus.com dan JokoSusilo.com. Mengapa saya katakan 2 blog tersebut berkualitas?

Kedua blog tersebut saya katakan berkualitas karena:

  1. Memiliki traffic kunjungan yang bagus dari Google, atau lebih tepatnya blognya SEO friendly.
  2. Memiliki banyak pembaca tiap harinya
  3. Tidak hanya pembaca, kedua blog tersebut juga memilki pengunjung setia yang datang ke blog tersebut karena ingin membaca setiap artikel terbaru di blog tersebut. Artinya blog tersebut mendapat kunjungan bukan hanya karena mesin pencari, tapi karena kualitas artikelnya juga.
  4. Memiliki pagerank yang tinggi.

Tak ayal, sayapun sangat tertarik kepada dua blog tersebut dan sering berkomentar disana agar mendapatkan backlink.

Mungkin sobat akan bertanya 'mengapa Google memakai sistem backlink sebagai cara untuk mengukur kualitas suatu situs?' Nah, untuk menjelaskan ini saya akan mencoba menjelaskan dengan sedikit cerita yang sering terjadi di dunia nyata.

Ada seorang dokter yang sudah sangat berpengalaman di bidang kesehatan dan terkenal sebagai seorang dokter yang berkualitas di daerahnya. Kita umpamakan dokter itu adalah sebuah 'situs A'. Kemudian ada orang yang membuka apotek dan apotek tersebut belum memiliki popularitas karena baru diluncurkan. Kita umpamakan apotek itu adalah 'situs B'. Lantas jika si dokter hebat tadi merekomendasikan orang-orang untuk membeli obat di apotek B, tentu apotek tersebut akan mendapat reputasi yang baik bukan? Tentu saja, reputasi dan popularitas serta kepercayaan yang dimiliki oleh dokter yang kita umpamakan 'situs A' tadi akan 'ditransfer' ke apotek yang kita umpamakan 'situs B'. Otomatis situs B tadi akan menjadi ramai pengunjung karena reputasi yang baik yang diberikan oleh dokter tadi.

Nah begitu juga di dunia internet. Jika sebuah situs yang sudah besar memberikan backlink kepada sebuah situs yang masih 'kecil', maka situs tersebut akan mendapat reputasi yang baik di mata mesin pencari, persis seperti cerita yang saya jabarkan diatas.

Dalam melakukan optimasi ke mesin pencari, tentunya kita sudah targetkan keyword apa yang membuat blog kita muncul di mesin pencari. Tips otomotif-kah? atau Jasa SEO kah? Jika seandainya sobat ingin mengoptimasi blog dengan kata kunci Jual Mobil Bekas, tentunya sobat harus mencari backlink dengan anchor teks ual Mobil Bekas. Mengapa harus begitu? bukankah dengan backlink saja sudah cukup? Apa sih pengaruhnya anchor?

Teks yang tertera pada link yang mengarah ke website kita sangat berpengaruh terhadap keyword apa yang kita tembak. Oleh sebab itu jika anda mencari backlink, pakailah keyword sesuai dengan yang ingin anda optimasi. Umpamanya, jika seorang dokter merekomendasikan orang untuk membeli peralatan otomotif di sebuah apotek, tentu hal ini akan percuma bukan? Begitupula di dunia nyata. Optimasi keyword yang tepat sesuai dengan isi/tema blog anda.

Itulah sedikit yang bisa saya informasikan untuk anda mengenai definisi dan penjelasan tentang backlink. Jika anda ingin tahu lebih banyak seputar backlink dan optimasi SEO, silahkan lihat di halaman ini.
Share this article :

Artikel Terkait:

5 komentar:

  1. Sayang, efek dari google penguin, backlink dari PR 9 pun sekarang sudah sangat kurang pengaruhnya terhadap rangking blog , pagerank.

    BalasHapus
  2. Sekalian tolong dianalisa gan yang terjadi di blog saya. Usia blog saya belum nyampe setahun, sy pergunakan blogspot tapi sudah redirect domain com sejak awal. Saya lakukan seo hanya sekedar blogwalking saja, itupun cuman 3 bulan diawal, setelah itu saya ga pernah lagi (6 bulan lalu). Selama ini saya hanya nulis posting saja dan itu selalu nongkrong di halaman pertama sesuai keyword dalam judul posting saya. Namun kejadian aneh muncul sekitar 1,5 bulan ini gan. Memang setiap saya posting tetap beraga di halaman 1 google, tapi begitu ada yang copy paste artikel saya, justru artiket hasil copas itu menempati tempat saya di google, sedang artikel saya hilang pada keywords tersebut, entah kemana walau masih muncul bila saya ketik “site:domain.com”. Bisa dijelaskan gan ? trims…

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh kalau itu mah urusannya sudah sama mbah googlenya langsung mas. saya juga bingung dibuat google. Katanya ud update algoritma blablabla segala macam,nyatanya? ckckck. optimasi blogwalking itu penting mas,jangan berhenti.saya aja terus optimasi.

      oh ya sekedar sharing, kmaren artikel di blog ini '5 Cara menjadi Orang sukses' nangkring di 3 besar Google.terus turun ke halamn 2. saya optimasi aja dgn cara blog commenting. ga peduli blog dofollow atau nofollow, yg penting link komentar nancep sesuai keyword yang ditembak. akhirnya naik lagi keperingkat 1 google. jd blogwalking itu penting gan, jgn berhenti, oke :)

      Hapus
  3. betul apa kata pak Andry, dengan blokwalking maka, pageranknya pasti berpengaruh. minimal orang jadi kenal sama website kita

    BalasHapus
  4. sangat berkualitas artikelnya mas, sangat membantu dan menambah wawasan....terimakasih atas infonya

    BalasHapus

 
Copyright © 2011. Galeri Bocah - by Andry Andreas Panggabean | Blog Belajar SEO | Optimasi Blog di Google
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger