SERBA-SERBI :

Cara Menjadi Pengusaha Tanpa Modal

Ditulis oleh Andre pada hari Rabu, 13 Juni 2012 | 21.58



Cara Menjadi Pengusaha Tanpa Modal, judul yang boleh dibilang kontroversial, terlalu mengada-ngada dan mungkin terkesan 'hanya mencari sensasi'. Namun saya tidak bermaksud mengada-ngada ataupun mencari sensasi demi meningkatkan kunjungan keblog ini. Posting ini memang akan mengupas sedikit cara bagaimana anda bisa menjadi pengusaha tanpa modal.

Sebelumnya saya ingin katakan bahwa saya bukanlah seorang kaya yang sudah sukses sehingga bertingkah layaknya seorang guru bisnis kepada anda. Tapi saya hanyalah seorang pelajar yang juga masih belajar dan ingin berbagi sedikit yang ada dikepala saya kepada anda. Jika anda tertarik, silahkan lanjut membaca, jika mungkin kurang berminat, tutup saja halaman ini dengan senang hati. happy

Mungkin diantara anda masih bingung mengenai perencanaan yang akan anda lakukan kedepannya. Barangkali anda ingin memulai sebuah usaha namun bingung ingin memulai darimana. Atau mungkin anda seorang pemuda/pemudi yang masih duduk dibangku SMA dan ingin coba-coba memulai sebuah usaha dengan harapan bisa membantu kondisi ekonomi keluarga. Melalui posting ini saya akan berbagi sedikit trik bagaimana cara menjadi pengusaha tanpa modal. Silahkan disimak.

Barangkali terlalu berlebihan saya membuat judul 'tanpa modal', karena pada nyatanya anda memang membutuhkan sedikit modal. Namun dibandingkan dengan berbagai cara yang mungkin anda ketahui selama ini, langkah yang akan diterangkan berikut ini setidaknya boleh dikatakan memakan modal yang jauh lebih kecil.

Sebelum melanjutkan, saya ingin memberitahu sedikit modal yang anda perlukan. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, anda bukan tidak memerlukan modal sama sekali, karena itu mustahil. Yang saya maksud 'tanpa modal' adalah dengan modal yang jauh lebih sedikit daripada orang lain.

Pertama. Sebuah komputer ataupun laptop yang sudah terhubung keinternet. Jikapun tidak ada, saya rasa biaya yang anda perlukan untuk menggunakan komputer di Warnet tidaklah terlalu besar.

Kedua. Flashdisk sebagai tempat penyimpanan data. Flashdisk akan anda perlukan jika anda memang harus kewarnet untuk bisa terhubung ke internet. Seluruh berkas file yang anda perlukan bisa anda simpan diflashdisk dan anda gunakan ketika harus memindahkan data digital anda ke internet.

Cara Menjadi Pengusaha Tanpa Modal

Baik, saya anggap anda sudah memiliki alat-alat yang anda perlukan diatas. Lantas bagaimana selanjutnya?

Baik. Coba anda tanyakan diri anda, bagaimana cara anda bisa memiliki produk untuk dijual, sedangkan anda tidak memiliki sebuah produk yang bisa anda jual? Atau bagaimana anda bisa memiliki produk untuk dijual jika anda tidak punya modal untuk membeli produk-produk tersebut sebelum akhirnya dijual kembali?

Mudah saja. Barangkali sobat punya kerabat atau teman yang mempunyai toko, toko komputer misalnya. Ajaklah untuk bekerja sama sistem bagi hasil dengan jumlah yang disepakati. Kemudian promosikan produknya di Facebook. Caranya mudah, cukup siapkan foto-foto setiap produk beserta harga dan spesifikasinya, kemudian posting di Facebook. Jika ada orang yang order, transferkan saja uangnya kerekening anda. Kemudian ambil uangnya dan berikan kepada teman anda yang merupakan pemilik toko tadi. Bagi dua keuntungannya sesuai jumlah yang disepakati. Selesai, teman anda untung, anda juga tak kalah untung.

Mungkin pertanyaan-pertanyaan berikut akan muncul dibenak anda.


  • Bagaimana saya bisa mendapatkan toko untuk diajak bekerja sama? Mungkin sulit ketika harus memulai mencari toko untuk diajak bekerja sama. Ya, sulit memang, tapi bukan berarti tidak mungkin bukan?

  • Berarti saya harus membutuhkan kamera untuk memulai menjalankan 'usaha' seperti ini? Jika memang anda mempunyai kamera, akan jauh lebih baik. Namun jika tidak, anda bisa gunakan foto-foto yang bertebaran didunia maya. Gunakan Google dalam hal ini. Ingatlah pepatah modern, 'Google adalah Teman'.

  • Barangkali anda juga akan berpikir bahwa keuntungan yang akan anda dapatkan sangat kecil, mungkin 10 ribu kah? Atau 30 ribu kah? Menurut saya itu tidak masalah. Jauh lebih baik daripada anda tidak melakukan apapun, bukan begitu? Jika anda mengambil keuntungan 20 ribu untuk satu barang dan anda dapat menjual 5 barang satu hari, tentu anda akan mendapat keuntungan bersih 200 ribu. Saya rasa angka 200 ribu adalah angka yang fantastis jika dibandingkan dengan langkah yang anda lakukan.

Bagaimana? Apakah langkah diatas cukup menarik untuk diterapkan? Atau sangat sulit untuk dilakukan? Memang sulit. Nah disinilah keseriusan serta konstentrasi anda diuji. Namun saya yakin, jika anda sudah cukup mampu menerapkannya, kedepannya akant terasa lebih mudah bagi anda untuk melakukannya. Hebatnya lagi, anda tidak memerlukan ijazah S1 dan sejenisnya yang pastinya akan memakan waktu untuk mendapatkannya. Modal yang anda hanyalah sebuah komputer yang terhubung keinternet dan sebuah akun Facebook. Mengelolanya cukup dirumah atau dimanapun anda mau. Satu lagi hal yang penting, kerja keras. Tanpa kerja keras, semudah apapun sebuah pekerjaan tidak akan menghasilkan jika tidak dibarengi dengan kerja keras, dan juga doa tentunya.

Terakhir, jika anda masih sedikit kurang puas dengan tulisan diatas, saya akan share ebook mengenai Cara Menjadi Pengusaha Tanpa Modal yang bisa anda unduh secara gratis. Klik melalui link dibawah ini untuk mengunduhnya.

Share this article :

Artikel Terkait:

1 komentar:

  1. wah,,,kayaknya susah kalau tanpa modal,,,gak akan berkembang :)

    BalasHapus

 
Copyright © 2011. Galeri Bocah - by Andry Andreas Panggabean | Blog Belajar SEO | Optimasi Blog di Google
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger