SERBA-SERBI :

Cara Memainkan Twitter Bagi Pemula

Ditulis oleh Andre pada hari Jumat, 03 Agustus 2012 | 15.01

Berhubung saat ini demam jejaring sosial Twitter sedang melanda, kali ini saya akan membahas bagaimana Cara Memainkan Twitter yang ditujukan bagi para pemula.

Sedikit bercerita, saya masih ingat betul ketika Friendster baru-baru pertama kali dirilis. Saya yang saat itu masih sangat gaptek sedikit heran melihat teman-teman seusia saya yang sudah sibuk dengan browsernya dan membuka situs yang ada embel-embel Friendster. Yang lebih mengherankan lagi, saya melihat foto-foto teman saya bisa ada disitus tersebut. Saya pun bertanya dalam hati 'gimana cara orang ini bisa masukkan fotonya ke website?' Pertanyaan yang sangat newbie bukan, hahaha. big grin

Selidik punya selidik, ternyata halaman yang mereka obrak-abrik dilayar monitor mereka adalah halaman jejaring sosial. Saya pun ikut-ikutan bermain dan akhirnya ketagihan. Bahkan saya masih ingat betul ketika itu akun Friendster saya sangat alay. Begitupun teman-teman saya.

Nah sekarang Friendster sudah kalah dalam hal jejaring sosial. Tinggal Facebook dan Twitter yang bersaing dalam dunia jejaring sosial. Keduanya sama-sama bagus dan sama-sama punya kelebihan serta kekurangan. Bagus tidaknya Facebook dan Twitter kembali kepada diri kita masing-masing dalam penggunaannya.

Berhubung sudah banyak orang yang paham menggunakan Facebook, kali ini saya akan share sedikit informasi agar anda paham menggunakan Twitter.

  1. Home/Beranda Beranda (atau biasa disebut Timeline) ini fungsinya hampir sama seperti di Facebook, yaitu untuk menampilkan pembaruan-pembaruan dari teman. Jadi jika anda memfollow A, otomatis Tweet si A akan muncul setiap kali ia posting tweet baru.

  2. Gbr 1. Tampilan Timeline

  3. Follow/Follow back.. Jika ingin menambahkan teman di Facebook, kita menggunakan sistem add bukan? Nah kalau di Twitter kita menggunakan sistem Follow. Contohnya sebagai berikut.

    Jika kita melihat akun teman kita dan ingin mendapatkan pembaruan Tweet darinya, maka kita tinggal Follow dia, caranya klik saja tombol Follow. Secara otomatis list Following kita akan bertambah. Dan jika anda ingin difollow balik, silahkan saja mention teman anda tersebut dan minta untuk difollow balik. Bagaimana cara me-mention teman? Lihat pada poin kedua.

  4. Gbr 2. Cara mem-follow
  5. Mention Ini salah satu hal yang sangat unik menurut saya. Jika kita ingin mengatakan sesuatu kepada teman kita, kita cukup tuliskan apa yang ingin kita sampaikan disertai username teman kita. Contohnya sebagai berikut.
    Woi geng, besok kita berenang ya, jangan lupa!! @AndryAndreasP

    Perhatikan, yang bertuliskan biru dengan tanda @ adalah username orang yang dituju. Dengan begitu orang tersebut akan mengetahui bahwa ada seseorang yang memention dirinya dengan melihat opsi Mention pada akunnya.

  6. Gbr 3. Tampilan Mentions

  7. Retweet Retweet ini gunanya untuk menyampaikan ulang tweet milik orang lain. Misalnya teman saya bernama Yudhis memposting sebuah Tweet. Jika saya ingin membagikan Tweet itu agar dilihat oleh followers saya, cukup klik Retweet.

    Gbr 4. Contoh tweet yang di-retweet

  8. Direct Message (DM) Jika anda ingin membicarakan hal-hal yang sifatnya pribadi dan tidak ingin diketahui oleh orang lain, gunakan fitur ini. Hanya saja sedikit kelemahannya adalah di Twitter tidak ada notif seperti di Facebook yang memberitahukan bahwa ada pesan baru yang masuk, sehingga orang yang kita kirimi tidak akan tahu bahwa ada pesan pribadi yang masuk ke inboxnya, kecuali jika ia mengeceknya sendiri.

  9. Gbr 5. Direct Message

  10. Trending Topics (TT)
  11. TT ini berguna untuk memberitahu anda apa yang sedang dibicarakan banyak orang di Twitter. Maksudnya? Begini. Misalnya ada banyak Tweet yang mengandung kata 'Pak SBY', otomatis Pak SBY akan menjadi TT di Twitter dan akan semakin menjadi perbincangan banyak pengguna Twitter. Contoh nyatanya, ketika berita mengenai perubahan grup band Peterpan sedang heboh dan banyak tweet yang mengandung kata 'Goodbye Peterpan', otomatis Goodbye Peterpan menjadi trending di Twitter.

    Gbr 6. Tampilan Trending Topics

    Gbr 7. Tampilan Tweet yang membahas TT
Yahh saya rasa sudah cukup panjang lebar saya menjelaskan. Poin-poin yang dibahas diatas adalah poin-poin yang penting dalam menggunakan Twitter. Semoga bermanfaat, selamat Ber-Twitter ria! :)
Share this article :

Artikel Terkait:

3 komentar:

 
Copyright © 2011. Galeri Bocah - by Andry Andreas Panggabean | Blog Belajar SEO | Optimasi Blog di Google
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger