SERBA-SERBI :

Ciri-ciri Penipuan Online Shop

Ditulis oleh Andre pada hari Kamis, 29 Maret 2012 | 13.51

Teknologi semakin canggih, para pengusaha semakin pandai dalam memilih media untuk menjajakan barang yang dijualnya, salah satunya dengan melalui jejaring sosial Facebook. Semakin hari semakin banyak akun Facebook yang dibuat dengan tujuan untuk berjualan segala macam produk. Produk yang ditawarkan pun bermacam-maam, mulai dari produk kecantikan sampai produk berbau teknologi, contohnya Laptop.

Jika sobat termasuk tipe orang yang suka berbelanja secara online di internet, tentunya sering tergiur pula untuk berbelanja online di akun Facebook yang menjual barang-barang. Apalagi kebanyakan dari mereka memberikan harga yang sangat murah dan sekiranya tidak masuk akal. Pernahkah sobat bertanya dalam hati, 'apakah mereka benar-benar berjualan?' atau 'ini beneran atau nipu ya?'

Nah, dewasa ini banyak sekali orang yang melakukan penipuan melalui internet. Kebanyakan dari mereka menggunakan jejaring Facebook untuk menjajakan barang mereka yang sebenarnya hanyalah bualan belaka. Bagi anda yang ingin mencoba ataupun yang sudah terbiasa belanja secara online atau online shopping harap berhati-hati jika ingin berbelanja dengan pedagang di Facebook, karena saat ini, sedang marak penipuan online shopping di Facebook.

Berikut ini ciri-ciri penipuan Online Shop di Facebook :
  1. Tidak mau COD (cash on delivery) alias bayar ditempat, hanya menerima pembayaran via transfer.
  2. Tidak mau menggunakan Jasa Rekening Bersama (jasa pihak ketiga untuk pembayaran) disertai dengan berbagai macam alasan.
  3. Alamat tidak jelas, biasanya di tempat-tempat jauh/pedalaman ataupun menggunakan alamat palsu atau mengaku tinggal di daerah Batam/Riau.
  4. Harga barangnya miring bukan main, alias murah tidak masuk diakal, biasanya mengaku BM atau Black Market padahal Barang Mimpi.
  5. Wall di account Facebook-nya di proteksi ataupun isinya hanya update status dagangannya, tidak bisa dikomentari.
  6. Testimoni berupa komentar tidak ada, testimoni berupa bukti pengiriman menggunakan gambar yang diambil dari tempat lain.
  7. Mutual friend-nya sedikit sekali atau tidak ada teman kita yang menjadi temannya.
  8. Jika sudah transfer, maka dengan cepat account/link facebook sang pedagang akan hilang atau berganti.
  9. Selalu googling data sang pedagang, mulai dari Nama, Alamat, No Rekening, No HP untuk memeriksa track record pedagang.
  10. Jika tiba-tiba ada teman Facebook yang berjualan dengan ciri-ciri diatas perlu dicurigai bahwa accountnya telah dibajak oleh orang lain yang ingin meraup keuntungan semata

Jika menemukan ciri-ciri tersebut diatas, segera urungkan niat anda bertransaksi dengannya, harga murah menjadi daya tarik tersendiri tapi juga membuat anda menyesal dikemudian hari. WASPADALAH !
Share this article :

Artikel Terkait:

40 komentar:

  1. Akibat ulah para penipu online ini, sering saya mengalami kecurigaan berlebihan dari para pembeli/pengguna jasa saya. Namun, tidak sedikit dari mereka yang pintar dan bisa membedakan mana pedagang asli dan mana pedagang gadungan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha.saya jg kl blanja di internet sering hati2 mas,marak bgt penipuan skrg. maklum aja mas,namanya jg manusia kn ga ada yg mau ketipu.

      Hapus
  2. Kalo saya pernah ditawarain handphone murah via sms,suruh datang ke website anu.Gak taunya tuh website bukan milik si pengirim sms.Untungya wapada...dasar ada aja yah akalnya

    BalasHapus
  3. saya mau publikasikan salah satu PENIPU yang patut diwaspadai, agar tidak ada korban lagi. Suami saya jg baru kena tipu ketika beli hp via www.tokobagus.com

    Langsung saja lapak penipu bernama: “fsaputra22″ rekening yang digunakan BCA atas nama HADIWIJOYO 0450651401. setelah ditrasfer brg tak kunjung datang, no HP 089638426713 tidak bisa dihubungi dan no resi JNE yang diberi 1653248440002 ternyata PALSU atau tidak terdaftar. lapaknya:

    handphone.tokobagus.com/nokia/nokia-e63-white-fullset-bu-7543155.html
    handphone.tokobagus.com/nokia/nokia-n-gage-mulus-batangan-7602145.html (iklan di hapus, liat by google)
    (jika tidak bisa diliat coba link di search by google trus liat tembolok).

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh harus diwaspadai nih. saya udah liat juga dari tembolok, tapi pas saya buka rupanya udah ga ada.terimakasih banyak informasinya ya sist :)

      Hapus
  4. nih, penipuan lagi..
    http://perangkat-keras-komputer.tokobagus.com/notebooks-dan-laptops/dijual-berbagai-macam-jenis-type-laptop-anda-minat-info-hub-sms-0853-7045-3999-8472126.html

    BalasHapus
  5. PERHATIAN INI TOKO ONLINE PENIPU DAN HARUS KITA BUNUH DAN KITA TEROR PEMILIKNYA. SAYA BELI LAPTOP UANG DISETOR 4, 5JUTA BARANG TIDAK DIKIRIM DENGAN ALASAN MACAM2.SAYANG BANK TIDAK MAU DAN POLISI KITA DISOGOK UDAH DIAM
    NO HO- 081234524307
    NO REK A/N DINA WIJAYA BRI CAB TANGERANG
    099601005093

    BalasHapus
  6. wahh semakin bnyak saja yg tertipu dlm jual beli online. ayo semuanya lebih waspada.

    BalasHapus
  7. sepakat
    Temenku baru aja ketipu....085656723369
    masih aktif tapi gak diangkat
    temenku beli hp bb tapi gak dikirim suruh kirim dana beacukailah......
    mana dia minjem duit dulu ke aku 650rbu. Sekarang dia lagi kelabakan. Selain harus ngelunasin pinjamannya ke ane juga harus bayar uang temennya. Cape dech......Nafsu banget sama penjual itu......

    BalasHapus
  8. numpang tanya dong..
    q order barang udh 2 minggu g nyampek2..
    q udh pernah order d org yg sm 2 kali selalu nympek..
    tp kali ini kok g nympek2 y??
    q sms g d bls2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelumnya barangnya sampai? saya rasa itu bukan penipuan mas. barangkali jasa pengirimannya lagi bermasalah. atau coba hubungi ke semua kontak si penjual.

      Hapus
  9. sudah sy hubungi,,
    sms tdk kunjung d balas n telpon jg tidak diangkat..
    akhirnya sy pakai BB n d balas..
    tp setelah sy tanya nomor resi saya, orngnya bilang "besok sy hbungi lagi soalnya nomor resinya tidak di sy"
    tp stelah keesokan harinya sy BB tiba2 kterangan BB sy blm d bca sm dia, pdahal sy BB jm 11 siang, sampai malam pun kterangan BB nya msh blm d bca..
    sy curiga pesan bb sy sngaja d hapus sbelum d bca.. T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kl begitu sangat dicurigai mas. bisa saja memang benar dia menipu. sebaiknya sebelum berbelanja diperhatikan dulu bagaimana eksistensi si penjualnya, apakah terpercaya atau tidak.

      Hapus
  10. awalnya sy percya krn emg udh 2 kali order d toko yg sama tp brang sll nyampe..
    bsa tlong cek fb ini g??
    menurut mas itu penipuan atau bukan??
    http://www.facebook.com/profile.php?id=100002504998378&sk=info

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah menurut saya nipu nih mas. saya ud add fb nya,tp blm diconfirm smp skrg. barangkali dy ud sadar kl dia kthuan nipu

      Hapus
  11. barangkali y,,
    tp barusan q lyat fbnya sudah berteman dengan fb orang,,
    dan ap dy g takut ktahuan kl nipu,,
    soalnya BB n hpnya masih atif..

    BalasHapus
    Balasan
    1. lacak aja mas. kasih tau ke orang2 yang berteman dengan fb nya tntang yg mas alamin ini.

      Hapus
  12. saya sudah transfer uang 1 jt utk beli BB Gemini. kmd si pelaku minta transfer 1 jt utk ID Card. setelah saya tranfer dy minta lagi 1 jt utk melunasi ID Card...ini penipuan gk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penipuan itu, hati2..

      Hapus
  13. ASEM TEMEN GW KETIPU OL SHOP CROCS DR JAKARTA NGAKUNYA http://www.facebook.com/anantayupi
    NO HP 085641224900
    FATIKHA AKFINI
    MANDIRI A.N. SITI AMINAH
    NGOMONG ORI MURAH KRN BLACKMARKET NYATANYA TAIK BARANG JELEK LAMA NYAMPEK
    ANJRIT JANGAN BELI DISANA KETIPU NTAR KEK TEMEN GW

    bb MASH OL

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  14. Saya sharing hampirnya saya ketipu KEMARIN 23Juni2012 . Rencana beli camera Canon DSLR 5D + lensa
    Harga di JPCKemang.com (dealer resmi) sekitar Rp 24jt.
    Ketemu penjual di internet, situs Bandung : http://city-elektronik.blogspot.com/p/kamera-canon.html. Harganya Rp4,9Jt. jauh dibawah harga resmi dealer JPGKemang.com
    Ketemu satu lagi dr Surabaya : http://www.edisantoso078.blogspot.com/p/canon.html , Harga sedikit tinggian dr seller bandung = Rp 7,89Jt.

    Otak logis saya enggak mudeng ! What happen ? BM ? Brg rekondisi ? Tipu ?.....
    Bersama temen dekat kami teliti bersama , hasilnya sbb:

    1) Seller Bandung pakai nama elektronik city, tapi webnya dari blogspot. kalo bener dari supplyer bonavide harusnya webnya resmi.
    2) Brgnya pasang foto 5D pun salah (merknya malah nikon).
    3) perbedaan harga mencolok sekali. yang second pun belom dapat pak !!! harga segitu, kecuali sudah rusak.
    4) dua2nya pasang surat ijin yang sama, dikeluarkan dari Kepolisian Yogjakarta, untuk SMA 3 Muhammadiah Yogjakarta a/n. Rhafty Ade Habibie (tulisannya agak samar, tapi keduanya sama saya kira). Dan ini bukan ijin usaha, tapi sepertinya ijin keramaian di acara sekolahan.
    5) dua2nya ingin pembayaran langsung re rekening pribadi. Tolak RekBer , tolak ketemu dengan "cash and carry" di mana saja ..

    HATI2 !!!!
    P YAHYA.

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Keluarga saya juga tertipu Hati Hati dengan biro jasa umroh sekarang, nenek saya sampai sekarang hilang di madinah dan sampai sekarang belum kembali. gak gak tahu lagi nasibnya, ditinggal begitu saja, Hati Hati ama Biro Jasa umroh arminareka perdana.

    BalasHapus
  17. PT. arminareka perdana penipu, nenek saya sampai saat ini hilang di madinah ikut biro jasa ini, Hati hati dengan perusahaan ini, saat ini sedang tak urus ke POLDA untuk Gugatan secara hukum, direktur Armina tidak bertanggung jawab hingga saat ini, Nenek saya belum kembali, sudah 2 bulan belum ada berita, direktur mau janjian dengan keluarga saya dan pengacara saya tetapi nggak pernah datang, janji palsu Hati Hati dengan PT ARMINAREKA , BIRO UMROH yang gak proffesional

    BalasHapus
  18. barusan saja saya ketipu shopping online
    ngakunya mentari elektronik, alamt jl sultan iskandar muda no.7
    (arteri pondok indah)
    no hp 0853 8114 7777 dg zulkarnaen norek bni a.n. ibu dina pertiwi.
    td tgl 5 juli jam 11an sy hub no hp trsbut nanyakan kpn brg dikirim,
    alsn dia brgnya disita beacukai, trus minta kirim pulsa buat ptgs beacukai tsb....
    wah..ini lsg penipuan nih..
    sy ke bank, trnyata uangnya sdh dikuras tinggal saldo 65 ribu.
    seandainya di negara maju, dgn bukti2 yg ada, si penipu sdh bisa diringkus...tapi sayangnya kita ini di Indonesia...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun banyak banget ya penipuan-penipuan. Saya harap ini dijadikan pelajaran,begitu jg bagi teman-teman yang lainnya.

      Hapus
    2. hampir aja saya mau beli BB di tempat itu,, karena jalan tersebut dekat dgn rumah saya,, trims infonya mas,,

      Hapus
  19. AWAS PENIPUAN DI SITUS http://www.xperienceland.co.cc
    Telepon
    0877-4000-2732
    Alamat
    Kompleks Pertokoan Muka Kuning Indah II Blok B2 No.27 Kota Batam
    SAYA PENAH KENA TIPU 2,5JT DARI ORANG BAJINGAN INI,,,WASPADA!!!!

    BalasHapus
  20. Tanggapan atas Pernyataan PT Arminareka Perdana Penipu:
    Perusahaan ini sukanya membuat hadiah dan bonus bonus jadi di daerah daerah jadi agen/orang berlomba lomba mencari mangsa ikut umroh, dan perusahaan ini juga sering bermasalah, contohnya nenek saya peserta umroh terlantar dan sakit di Madinah ditinggal begitu saja pulang ke Indonesia, dan katanya hilang di hotel, katanya hilang pas di rombongan dan macam macam alasannya, 2 bulan kemudian katanya meninggal dunia dan hanya melampirkan surat dari Pt Armina, Keterangan Nyawa hilang hanya dengan Kop Surat Agen Umroh???? bukan surat keterangan meninggal dari Rumah Sakit Resmi Arab atau KBRI Arab, sepertinya para Jamaah Umroh, sama perusahaan ini tidak pernah dilaporkan ke KBRI datanya, mungkin pakai visa turis biasa, di KBRI saya cek gak ada data, wah kami sekeluarga bingung sampai sekarang bulan Juli 2012 ini, layaknya MUI dan Kemenag mereview lagi surat surat rekomendasi dari mereka, Kami kirim email ke Rimah Sakit Al Ansar di Madinah juga tidak ada data kematian, perusahaan ini mencla mencle saja gonta ganti alasan

    BalasHapus
  21. Perusahaan ini sukanya membuat hadiah dan bonus bonus jadi di daerah daerah jadi agen/orang berlomba lomba mencari mangsa ikut umroh, dan perusahaan ini juga sering bermasalah, contohnya nenek saya peserta umroh terlantar dan sakit di Madinah ditinggal begitu saja pulang ke Indonesia, dan katanya hilang di hotel, katanya hilang pas di rombongan dan macam macam alasannya, 2 bulan kemudian katanya meninggal dunia dan hanya melampirkan surat dari Pt Arminam, bukan surat keterangan meninggal dari Rumah Sakit atau KBRI Arab, sepertinya para Jamaah Umroh Armina tidak pernah lapor ke KBRI dalam Wisata Umroh, mungkin pakai visa turis biasa, di KBRI saya cek gak ada data, wah kami sekeluarga bingung sampai sekarang bulan Juli 2012 ini, layaknya MUI dan Kemenag mereview lagi surat surat rekomendasi dari mereka, Rumah Sakit Al Anshar juga saya cek nggak ada keterangan meninggal dari jamah umroh atas nama nenek saya, intinya perusahaan ini wajib di beri kartu kuning dahulu, sekali lagi Hati Hati, bukannya niat umroh yang baik kalauikut travel ini nyawa bisa hilang karena keteledoran dari travel yang tidak provesional

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehhe..pinter bgt ya ngarangnya..pasti dulu pas skolah,pelajaran bhs indonesia nya dapet 10.. good job..kalo emang bener bgt, datengin aja ke kantornya langsung..ga usah janjian dulu, setiap hari juga orang2nya pada stand by koq.. biar ga bolak balik, bawa aja smua bukti2 yang ada..wong kantor nya jelas, alamatnya jelas..kalo perlu polisi, ada kantor polisi koq disebelah gedung nya.. :DD

      Hapus
  22. hati-hati dg nama web ini dan no telp-nya.adik saya sudah kena 3.850rb
    https://www.facebook.com/kedai.b.branded 082334412777
    http://facebook.com/elektronikshops.onlin 082334412777
    https://www.facebook.com/elektronikolshop 082334412777
    dengan no rek BRI 098501002801501 a.n MEINISA FAJARWATI

    BalasHapus
  23. Min mhn bantu info online shop berikut
    https://www.facebook.com/f.elektr
    https://www.facebook.com/chang.cell
    Thanks

    BalasHapus
  24. hati2 dengan orang yang bernama ADI PRATAMA dengan email; adipratama401@gmail.com
    no rek bni 0238518976 a.n pramila deva
    dia telah menipu banyak orang di perdagangan on line berbagai barang,maka berhati2lah anda sekalian dengan orang ini

    BalasHapus
  25. Hallo all.
    dari semua tulisan/komentar di atas cuma satu yang ingin saya sampaikan.
    Gunakanlah jasa layanan seperti ESCROW service.
    hubungi saya jika butuh informasi di ym: inapaycs7

    BalasHapus
  26. min tolong cek toko online ini , penipuan apa tidak .
    http://www.facebook.com/gateawy.shoponline

    BalasHapus
  27. malam saya mau tanya, bagaimana ciri2 nomor resi palsu? lalu sebenarnya maks.pengiriman paket jne YES itu brp hari? apakah ini nomor resi palsu 1967972530001? thx

    BalasHapus
  28. SRYITA :
    Boleh dijelasin secara detail kah?permasalahannya dgn PT arminareka perdana??**penasaran juga neh..
    nama neneknya?no id jamaah?terdaftar di kantor perwakilan mana?
    koq sampe serem gtu kasusnyaa..

    BalasHapus
  29. Saya mantan jamaah haji tahun 2011 melalui PT Arminareka Perdana dan menurut saya pelayanan cukup baik. Jamaah haji yang diberangkatkan pun saat itu cukup banyak. Kalo tidak salah sampai 11 bis (+/- 500 jamaah). Bila ada masalah dengan biro haji tsb sebaiknya diselesaikan / dibicarakan dengan baik. Semoga segera mendapat solusi.

    BalasHapus

 
Copyright © 2011. Galeri Bocah - by Andry Andreas Panggabean | Blog Belajar SEO | Optimasi Blog di Google
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger