SERBA-SERBI :

Mengapa Kaki Sering Kesemutan?

Ditulis oleh Andre pada hari Sabtu, 24 Maret 2012 | 11.44

Apakah sobat pernah merasa terganggu saat sedang mengetik karena ujung-ujung jari terasa kebas akibat kesemutan? Kebanyakan orang menganggap kesemutan merupakan masalah sepele, dikarenakan sering terjadi akibat posisi duduk yang salah atau otot yang tegang. Namun bila kesemutan yang sobat alami bukan dikarenakan kedua hal diatas, maka kesemutan adalah peringatan bahwa kesehatan sobat telah mengalami gangguan yang serius.


Apa itu Kesemutan?

Kesemutan (Parestesia) dalam dunia kedokteran adalah sensasi di permukaan tubuh tertentu yang tidak dipicu rangsangan dari dunia luar. Sebenarnya kesemutan merupakan sensasi rasa dingin ataupun panas di bagian tubuh tertentu, bisa juga dikatakan sensasi rasa dirambati sesuatu. Kesemutan ini muncul apabila terjadi iritasi pada serabut saraf yang menyebabkan sensasi kesemutan.

Apa penyebabnya?
Kesemutan terjadi jika syaraf dan pembuluh darah mengalami tekanan Misalnya, saat duduk bersimpuh atau menekuk kaki terlalu lama, maka syaraf dan aliran darah terganggu. Umumnya kesemutan akan mereda jika bagian tubuh yang mengalaminya digerakkan.

Mengapa kaki bahkan tangan sering kesemutan?
Nyeri pada sendi jari tangan dan kaki sangat sering ditemui karena termasuk sendi yang paling aktif. Kejadian kesemutan dan nyeri yang terjadi bersamaan merupakan gangguan saraf yang dapat disebabkan oleh banyak faktor.

Apabila tidak ada riwayat trauma, dapat disebabkan oleh peradangan (arthritis) atau gangguan metabolisme (asam urat, diabetes, kolesterol, dsb). Pijatan, kompres hangat, melonggarkan sepatu atau celana dapat membantu peredaran darah untuk membantu keluhan ringan pada saraf. Apabila keluhan sangat mengganggu disarankan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.
Share this article :

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Galeri Bocah - by Andry Andreas Panggabean | Blog Belajar SEO | Optimasi Blog di Google
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger