SERBA-SERBI :

Mengapa Cahaya Bintang Berkelap-kelip?

Ditulis oleh Andre pada hari Minggu, 01 April 2012 | 20.56


Ketika malam hari tiba, adalah saat mengasyikkan untuk melihat bintang-bintang dilangit. Kemunculannya dilangit pada malam hari telah menghiasi langit yang hitam, seumpama butiran coklat diatas donat :p.

Tentunya kita semua tahu bahwa bintang merupakan benda langit yang memancarkan cahaya sendiri. Berbeda dengan Bulan yang memantulkan cahaya matahari, bintang merupakan benda langit yang memancarkan cahayanya sendiri. Namun, jika perhatikan baik-baik, bintang yang kita lihat pada malam hari selalu tampak kelap-kelip. Sedangkan pada kenyataannya, kebanyakan bintang bersinar dengan cahaya yang tetap. Hal ini kemudian menjadi pertanyaan, mengapa cahaya bintang berkelap-kelip? atau mungkin lebih lebih tepat jika pertanyaannya dirubah menjadi 'mengapa cahaya bintang terlihat berkelap-kelip?'

Nah inilah penyebab mengapa cahaya bintang tampak berkelap-kelip. Seperti yang telah saya sebutkan diatas, sesungguhnya cahaya bintang bersinar dengan cahaya yang tetap, namun pergerakan udara udara (kadang disebut sebagai turbulensi) di atmosfir bumi menyebabkan cahaya bintang agak membelok ketika melintas dari sumber cahaya yang sanat jauh dari bintang ke bumi. Artinya, ada cahaya yang langsung sampai ke mata kita dan ada yang berbelok. Itulah yang menyebabkan cahaya bintang tampak berkelap-kelip oleh mata kita.
Share this article :

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Galeri Bocah - by Andry Andreas Panggabean | Blog Belajar SEO | Optimasi Blog di Google
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger