SERBA-SERBI :

Mengapa Kita Harus Mencintai Produk Dalam Negeri?

Ditulis oleh Andre pada hari Jumat, 11 Mei 2012 | 10.55

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan slogan cinta produk Indonesia harus diwujudkan dengan membeli produk asli buatan Indonesia.

Langkah ini sekaligus membantu para perajin ekonomi kreatif.

”Kalau kita mengatakan aku cinta produk Indonesia dan beli produk Indonesia, itu baru nilainya seratus,” kata SBY dalam sambutan pembukaan Inacrat di Jakarta, hari ini.

Sekarang ini banyak sekali produk-produk buatan luar negeri yang sangat laris manis di Indonesia. Contohnya Blackberry, preangkat elektronik besutan negara Kanada ini sangat laris di Indonesia. Bahkan membuat banyak orang tertular penyakit baru bernama 'ping!'. Berbagai opreator seluler lokal pun berlomba-lomba membuat paket tarif khusus untuk perangkat ini.

Saya sempat berpikir, jika seandainya Blackberry ini buatan anak bangsa, barangkali peranti keras ini tidak akan begitu laris karena kebanyakan orang Indonesia yang bersifat skeptis terhadap produk dalam negeri. Padahal dengan berbelanja produk dalam negeri, sama dengan menyumbangkan kemajuan ekonomi kepada negara.

Bila generasi bangsa sendiri tidak begitu perduli dengan produk-produk buatan anak bangsa, maka bisa dipastikan akan sulit untuk maju. Bagaimana bisa bangsanya maju jika tidak didukung oleh generasinya?

Banyaknya orang Indonesia yang skeptis terhadap produk dalam negeri telah menciptakan sudut pandang yang begitu buruk terhadap produk dalam negeri. Padahal sesungguhnya tidaklah seburuk itu. Seingat saya, kebanyakan teman lebih tertarik untuk menggunakan laptop merek produk luar negeri daripada produk dalam negeri.

Sobat tahu laptop merek Zyrex? Laptop yang diklaim buatan anak bangsa ini boleh dbilang 'kalah peminat' dibandingkan laptop merek lain. Beberapa teman yang saya jumpai mengaku ill feel ketika Zyrex diklaim buatan anak bangsa. Sifat skeptis tadi yang membuat mereka menjadi malas untuk membeli produk tadi. Mungkin jika seandainya Zyrex dilepas dipasar dengan embel-embel buatan negara luar, barangkali akan laris manis.

Berikut 5 alasan mengapa kita harus mencintai produk dalam negeri.

  1. Dengan berbelanja produk dalam negeri, artinya kita membantu usaha dalam neger untuk berkembang dan menjadi maju.

  2. Setelah usaha dalam negeri banyak mengalami kemajuan, lapangan kerjapun akan terbuka lebar dan akan menyerap banyak tenaga kerja.

  3. Dengan banyaknya tenaga kerja yang diserap, akan berdampak pada berkurangnya angka pengangguran.

  4. Dengan berkurangnya angka pengangguran otomatis kesejahteraan rakyat akan meningkat.

  5. Dengan berbelanja produk dalam negeri, kita telah membantu peningkatan perekonomian negara.

Banyak dampak positif yang kita dapatkan dengan berbelanja produk buatan negeri. Memang pada kenyataannya produk dalam negeri sering kalah dalam hal kualitas. Oleh sebab itu diharapkan pula kepada setiap produsen dalam negeri agar memperhatikan kualitas barang yang akan dilepas dipasar, agar konsumen pun mendapat kepuasan dan tidak ragu berbelanja produk dalam negeri.
Share this article :

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Galeri Bocah - by Andry Andreas Panggabean | Blog Belajar SEO | Optimasi Blog di Google
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger