SERBA-SERBI :

Membuat Link Navigasi Ke Atas

Ditulis oleh Andre pada hari Minggu, 06 Februari 2011 | 08.40

Anda pasti pernah menjumpai sebuah situs dimana kontennya sangat banyak sehingga harus discroll ke bawah, dan karena saking panjangnya artikel situs tersebut, scroll halamanpun menjadi sangat panjang, dan dibagian bawah artikelnya ada tautan 'Back to Top' dan ketika di klik maka kita akan diarahkan langsung ke bagian atas artikel. Itulah yang disebut Link Navigasi ke Atas atau Back To Top.

Tautan Back To Top ini sangat berguna bagi sobat yang sering memposting artikel yang sangat panjang sampai membuat halaman menjadi sangat panjang ke bawah, karena akan memudahkan pengunjung/visitor untuk langsung kembali ke atas hanya dengan sekali klik tanpa bersusah payah melakukan scroll. Jika berminat ikuti langkah berikut:

A.

  1. Login akun blogger milik anda.

  2. Klik pada Rancangan -> Edit HTML.

  3. Cari kode <body> dan letakkan kode berikut tepat dibawahnya.

    <a name="atas"></a>

  4. Kita dapat mengganti kata “atas” dengan nama atau sebutan lain yang mungkin lebih berasosiasi ke bagian tertentu, misalnya “bawah” (asosiasinya mengarah kepada bagian bawah halaman atau tulisan), atau bisa “tengah” (ke bagian tengah halaman), dan lain-lainnya. Saya menggunakan kata “atas” karena asosiasinya mengarah ke bagian atas. Kemudian simpan template anda.

B.
  1. Selesai tahap pertama. Selanjutnya buka Entri Baru.

  2. Ketikkan posting yang akan anda publikasikan. Lalu sisipkan kode berikut di bagian paling bawah dari tulisan anda, atau dibagian manapun yang anda inginkan.

    <a href="#atas">kembali ke atas </a>


  3. Perhatikan, tulisan Kembali Ke Atas dapat kita ubah sesuai dengan keinginan masing-masing.

  4. Publish artikel/posting anda dan lihat hasilnya.


Ini contohnya. Kembali Ke Atas/Back to Top


Tidak hanya itu, kita juga dapat membuat Link Navigasi ke bagian-bagian tertentu, misalnya ke bagian tengah halaman, atau kebagian bawah tulisan. Berikut langkah-langkahnya:

A.
  1. Buka Entri Baru.

  2. Ketikkan posting anda sampai selesai.

  3. Tempatkan kode berikut dibagian artikel mana akan dituju jika tautan di klik.

    <a name="bawah"></a>


B.


  1. Tempatkan kode berikut dibagian tulisan manapun yang anda inginkan. Misalnya tadi diatas kita menyisipkan kode yang tujuannya kebawah, tentu kita meletakkan tautan/link dibagian atas artikel.

    <a href="#bawah">KE BAGIAN BAWAH</a>

  2. Publish artikel anda dan lihat hasilnya.


Sebagai contoh, dibawah ini terdapat tulisan tentang Alexa. Saya 2 meletakkan tautan dibawah ini jika diklik akan menuju tepat ke bagian akhir (dekat tulisan to illustrate this.) dan satu lagi tepat ke bagian tengah tulisan tentang Alexa dibawah ini. (dekat gauge traffic).

Ke Bagian Akhir Tulisan
Ke Bagian Tengah Tulisan

Alexa is becoming a joke lately. Some people claim that over the previous two years it was already losing reliability, but lately it went completely nuts. Whatever they did on the last algorithm update, it messed up their rankings badly.

I know that many people already ignore Alexa, but most advertisers still consider it when evaluate ad buys on websites, so I think we need to raise the awareness about it, and encourage them to use other available tools to gauge traffic.

The problem emerges when you make comparisons of different websites, and when you bring into the picture other traffic tracking services like Compete.com or Google Trends. I have 5 interesting cases to illustrate this.
Share this article :

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Galeri Bocah - by Andry Andreas Panggabean | Blog Belajar SEO | Optimasi Blog di Google
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger