SERBA-SERBI :

Pengertian Tentang Blog DoFollow dan NoFollow

Ditulis oleh Andre pada hari Rabu, 11 Januari 2012 | 11.54

dofollow
Kali ini saya akan bercerita sedikit tentang pengertian dari 'blog DoFollow'. Kata-kata dofollow barangkali sudah sangat familiar di kalangan blogger, apalagi blogger yang berburu backlink gratis. Seperti yang saya posting sebelumnya tentang Cara Dapat 1000 Backlink PR Tinggi, backlink memang sangat berpengaruh kepada Google Pagerank dan salah satu trik mendapatkan backlink adalah dengan berkomentar dengan meninggalkan tautan/URL di blog yang menganut paham Dofollow. Lalu, apakah kira-kira definisi Blog Dofollow?

Blog Dofollow mengandung arti bahwa tautan/link yang kita sisipkan saat memberi komentar di blog dofollow itu akan dianggap sebagai backlink oleh mesin pencari. Dengan kata lain, pemilik blog dofollow akan 'mengizinkan' robot search engine untuk terus mengikuti tautan/link si pemberi komentar. Lain halnya dengan blog nofollow, robot search engine tidak akan menelusuri tautan/link si pemberi komentar.

Jika kita menelusuri lebih jauh ke alamat HTML yang digunakan dalam membedakan antara dofollow dan nofollow, maka kita bisa melihat ilustrasi sebagai berikut:

Di sebuah blog terdapat form untuk memberikan komentar, saat proses memberi komentar ini, si pemberi komentar akan disediakan sebuah form untuk memberi tanggapan pada posting tersebut, disertai dengan identitas. Utamanya adalah URL/Alamat blog si pemberi komentar tersebut.

Contohnya seperti tautan dibawah:

AndrePanggabean.com.

Pada dasarnya, identitas diatas juga dijadikan sebagai Link/tautan ke alamat yang dituju/maksud, yang jika dikonversikan ke HTML menjadi:

<a href="http://www.andrepanggabean.com">AndrePanggabean.com</a>.

Umumnya seluruh link/tautan akan memiliki format seperti diatas. Tetapi, pada sistem blog (baik WordPress ataupun Blogspot) format itu akan berubah dengan sendirinya (di Blogger disebut Automagically), sehingga menjadi:

<a rel="nofollow" href=http://www.andrepanggabean.com/>AndrePanggabean.com</a>


Terlihat kan perbedaannya? Ya, perbedaannya ada pada attribute rel="nofollow". Jadi, kita bisa simpulkan bahwa untuk membuat Blog kita menjadi Do Follow adalah dengan cara menghilangkan attribute rel="nofollow".

Sekarang kita sudah tahu bahwa format standa pada sistem Blog adalah 'nofollow'. Bagi yang ingin merubahnya menjadi dofollow, harus menghilangkan attribute rel="nofollow".
Share this article :

Artikel Terkait:

2 komentar:

  1. terima kasih infonya gan sangat bangus..

    BalasHapus
  2. ya sob standar blogger emang seprti itu. :D

    BalasHapus

 
Copyright © 2011. Galeri Bocah - by Andry Andreas Panggabean | Blog Belajar SEO | Optimasi Blog di Google
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger