SERBA-SERBI :

Mengenal Istilah Dalam Google Adsense

Ditulis oleh Andre pada hari Kamis, 15 Maret 2012 | 14.06


Di Indonesia sudah banyak sekali blogger yang menjadi publisher di Google Adsense. Bagaimana tidak, program PPC yang berada dibawah naungan Google ini memang sangat menggiurkan untuk diikuti, mengingat potensi penghasilan yang sangat tinggi dari program ini dengan cara kerja yang sangat mudah, walaupun pada kenyataannya sangat sulit untuk bisa benar-benar sukses dari program ini. Apalagi saat ini Google sangat menyaring ketat para publishernya.

Nah berbicara soal Google Adsense, tentunya kita para publisher Adsense sering melihat istilah-istilah yang tidak familiar di pikiran kita, seperti BPK, RKT, dan sebagainya. Nah bagi publisher yang sekedar ingin menambah wawasan tentang istilah-istilah tersebut, silahkan lihat 'Kamus Istilah Google Adsense' dibawah ini.

Biaya per klik (BPK)

Biaya per klik (BPK) adalah jumlah yang didapat dari tiap pengguna yang mengeklik iklan Anda. BPK untuk iklan ditentukan oleh pengiklan; sebagian pengiklan mungkin bersedia membayar lebih per klik daripada pengiklan lainnya, tergantung pada apa yang diiklankan.

Cakupan

Cakupan adalah persentase permintaan iklan yang menampilkan setidaknya satu iklan. Umumnya, cakupan dapat membantu Anda mengetahui pada situs mana saja AdSense tidak mampu menyediakan iklan bertarget.

Rumus:
Cakupan = (Permintaan iklan yang menampilkan iklan / total permintaan iklan) * 100

Misalnya, bila Anda memiliki 3 unit iklan dalam satu laman, Anda akan menghasilkan 3 permintaan iklan. Bila dua dari unit iklan tersebut menayangkan iklan dan sisanya tidak, maka cakupan laman ini akan menjadi 66,67%. Begitu pun, bila Anda memiliki kotak telusur, cakupan sebesar 80% berarti bahwa rata-rata 1 dari 5 kueri tidak menampilkan iklan bersama hasil penelusuran.

Untuk unit iklan, cakupan mencerminkan jumlah unit tautan yang menampilkan iklan setelah pengguna mengeklik istilah di unit iklan. Cakupan untuk laman yang menampilkan unit tautan biasanya jauh lebih rendah daripada unit iklan jenis lainnya, karena melibatkan klik pengguna. Ini juga berarti Anda akan melihat jumlah yang lebih tinggi untuk permintaan iklan yang tidak cocok.

Cakupan tinggi yang mendekati 100%, menunjukkan bahwa Google mampu menyediakan iklan untuk sebagian besar permintaan. Cakupan yang lebih rendah menandakan bahwa Google tidak mampu menyediakan iklan yang sesuai dengan laman Anda sehingga tidak menampilkan iklan atau hanya menampilkan iklan cadangan iklan cadangan yang telah ditentukan. Untuk memaksimalkan cakupan Anda, sebaiknya tinjau kemungkinan penyebab cakupan rendah.

Jenis iklan
Google menawarkan beberapa opsi berbeda untuk variasi iklan yang mungkin ditampilkan pada laman dan dalam laporan/ Berikut yang mungkin Anda lihat:

Teks
Gambar
Multimedia
Flash
Video
Iklan gambar animasi
Audio
Unit tautan

Anda dapat memilih jenis iklan yang ingin ditampilkan saat membuat atau mengedit unit iklan dan juga menetapkan preferensi jenis iklan bawaan untuk akun Anda.



Jenis penargetan
Cara yang digunakan pengiklan untuk menargetkan iklan ke situs web Anda. AdSense menawarkan jenis penargetan berikut:

Penargetan kontekstual, berdasarkan kata kunci.\
Penargetan penempatan, berdasarkan URL situs Anda.\
Periklanan menurut minat, menargetkan pengguna tertentu pada situs berdasarkan ID kuki mereka.

Jenis penawaran
Jenis penawaran merupakan cara pengiklan mengajukan tawaran pada lelang ruang iklan Anda: biaya per klik (BPK) atau biaya per seribu tayangan (BPS).


Klik
Untuk iklan konten biasa, kami menghitung klik bila pengguna mengeklik iklan.

Untuk unit tautan, kami menghitung klik bila pengguna mengeklik iklan di laman iklan, setelah memilih tautan di unit tautan.

Kotak telusur
Kotak telusur adalah bagian dari Mesin Telusur Ubahsuaian yang Anda tempatkan di situs web menggunakan AdSense untuk penelusuran. Anda dapat mengubahsuai kotak telusur dan menambahkannya ke laman agar pengguna dapat memasukkan istilah yang mereka cari di situs Anda atau di web, dan menjalankan penelusuran langsung dari situs Anda.

Kueri
Dalam laporan Anda, kami menghitung kueri setiap kali permintaan dibuat pada sistem untuk menampilkan unit iklan. Kami akan menghitung kueri setiap kali unit iklan dalam situs Anda meminta iklan, terlepas apakah iklan yang ditargetkan tampil atau tidak.

Pendapatan per seribu tayangan (RPM)
Pendapatan per 1.000 tayangan (RPM) menunjukkan penghasilan tertaksir yang akan Anda dapatkan untuk setiap 1.000 tayangan yang Anda terima.

RPM tidak menunjukkan penghasilan Anda sebenarnya; namun, jumlah itu dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah tampilan laman, atau kueri yang Anda terima, kemudian dikalikan 1.000.

Rumus:
RPM = (Penghasilan tertaksir/Jumlah tampilan laman) * 1.000

Misalnya:

Jika penghasilan tertaksir Anda sebesar $0,15 dari 25 tayangan laman, maka BPSe laman Anda sama dengan ($0,15/25) * 1.000, atau $6,00.
Jika penghasilan tertaksir Anda sebesar $180 dari 45.000 tayangan iklan, maka BPSe iklan Anda sama dengan ($180/45.000) * 1.000, atau $4,00.

RPM merupakan nilai yang umum digunakan dalam program periklanan, dan ini mungkin berguna bagi Anda untuk membandingkan pendapatan di berbagai kanal berbeda.

Penghasilan tertaksir
Saldo akun Anda untuk jangka waktu yang Anda pilih. Jumlah ini merupakan taksiran yang dapat berubah bila penghasilan Anda diverifikasi untuk akurasi pada akhir setiap bulannya.

Permintaan iklan
Permintaan iklan dihitung bila situs Anda meminta iklan untuk ditampilkan. Permintaan iklan adalah jumlah unit iklan yang meminta iklan (untuk iklan konten) atau kueri penelusuran (untuk iklan penelusuran). Kami melaporkan permintaan iklan setiap kali permintaan dikirim, meskipun tidak ada iklan yang dikembalikan dan sebagai gantinya iklan layanan masyarakat atau iklan cadangan ditampilkan.

Permintaan yang cocok
Permintaan yang cocok dihitung untuk setiap permintaan iklan yang menghasilkan sekurang-kurangnya satu iklan ke situs. Permintaan yang cocok merupakan jumlah unit iklan (untuk iklan konten) atau kueri penelusuran (untuk iklan penelusuran) yang menampilkan iklan.

Laman yang menampilkan unit tautan mungkin melaporkan permintaan yang cocok dalam jumlah rendah karena cara unit tautan statistik dilaporkan.

Rasio klik-tayang (RKT) 

Rasio klik-tayang (RKT) adalah jumlah klik iklan dibagi dengan jumlah tayangan, tampilan laman, atau kueri yang Anda terima.

RKT = Klik / # dari tayangan, tampilan, atau kueri

Misalnya, jika Anda menerima 7 klik dari 1.000 tampilan laman, RKT laman Anda akan menjadi 0,7%.

RKT Iklan
Untuk iklan standar, RKT iklan Anda adalah jumlah klik iklan dibagi dengan jumlah tayangan iklan individual.

RKT Iklan = Klik / Tayangan iklan

Sebagai contoh, jika iklan Anda menerima 5 klik dari 1.000 tayangan iklan, besar RKT iklan Anda adalah 0,5%.

Untuk unit tautan, RKT iklan adalah jumlah klik iklan dibagi dengan jumlah tayangan laman tempat iklan muncul saat unit tautan diklik.

RKT Kueri
Rasio klik-tayang kueri (RKT) adalah jumlah klik iklan yang dibagi dengan jumlah kueri yang dilaporkan.

RKT Kueri = Klik / Kueri

Sebagai contoh, jika Anda menerima 7 klik dari 1000 kueri, RKT Kueri sebesar 0.7%.

RKT Laman
Rasio klik-tayang (RKT) laman adalah jumlah klik iklan dibagi jumlah tampilan laman.

RKT Laman = Klik / Tampilan laman

Misalnya, jika Anda menerima 2 klik untuk 250 tampilan laman, RKT unit iklan Anda adalah 0,8%. (2/250=.8%)

RKT permintaan iklan
Rasio klik-tayang (RKT) permintaan iklan adalah jumlah klik iklan dibagi dengan jumlah permintaan iklan.

RKT permintaan iklan = Klik / Permintaan iklan

Sebagai contoh, jika Anda menerima 7 klik dari 1.000 permintaan iklan, RKT permintaan iklan Anda akan menjadi sebesar 0,7%. (7 / 1.000 = 0,7%)

RKT yang cocok
Permintaan rasio klik-tayang (RKT) yang cocok adalah persentase permintaan yang cocok yang menghasilkan satu klik.

RKT yang Cocok = Klik / Permintaan yang Cocok

RPM Kueri
Pendapatan Kueri per seribu tayangan (RPM) dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah kueri yang dilaporkan, lalu dikalikan 1000.

RPM Kueri = (Penghasilan tertaksir / Jumlah kueri) * 1000

Sebagai contoh, jika Anda menghasilkan kueri tertaksir $60 dari 15.000 kueri, RPM kueri Anda akan setara dengan ($60 / 15.000) * 1000, atau $4 00.

RPM Laman
Pendapatan laman per seribu tayangan (RPM) dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah permintaan iklan yang dibuat, lalu dikalikan 1.000.

RPM Laman = (Penghasilan tertaksir / Jumlah tampilan laman) * 1.000

Jika penghasilan tertaksir Anda sebesar $0,15 dari 25 tampilan laman, maka BPSe laman Anda sama dengan ($0,15/25) * 1.000, atau $6,00.

RPM permintaan iklan
Pendapatan permintaan iklan per seribu tayangan (RPM) dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah permintaan iklan yang dibuat, lalu dikalikan 1.000.

RPM permintaan iklan = (Penghasilan tertaksir / Jumlah permintaan iklan) * 1.000

Sebagai contoh, jika Anda memperoleh taksiran $60 dari 15.000 permintaan iklan, RPM permintaan iklan Anda akan setara dengan ($60 / 15.000) * 1.000, atau $4,00.

RPM yang cocok
Pendapatan permintaan yang cocok per ribuan tayangan (RPM) adalah rata-rata penghasilan per seribu permintaan yang cocok.

RPM yang Cocok = (Penghasilan tertaksir / Permintaan yang Cocok) * 1000

Tampilan laman
Tampilan laman adalah yang dihitung oleh Google dalam laporan Anda setiap kali pengguna melihat laman yang menampilkan iklan Google. Kami akan menghitung tampilan laman, terlepas dari jumlah iklan yang ditayangkan di laman tersebut.

Misalnya, jika Anda memiliki laman yang menampilkan tiga unit iklan dan dilihat dua kali, Anda akan menghasilkan dua tampilan laman.

Tayangan
Umumnya, tayangan berarti pengguna melihat tampilan item tertentu di situs Anda, baik saat pengguna melihat laman, unit iklan, atau iklan individual. Di AdSense, Anda akan melihat laporan untuk tampilan laman, tayangan unit iklan, dan tayangan iklan.

Share this article :

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Galeri Bocah - by Andry Andreas Panggabean | Blog Belajar SEO | Optimasi Blog di Google
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger