SERBA-SERBI :

Tips Merawat Wajah Berjerawat

Ditulis oleh Andre pada hari Rabu, 21 Maret 2012 | 13.47

Jerawat sering membuat kita menjadi kurang percaya diri. Apalagi jika tumbuh dibagian wajah yang sangat mudah tampak, contohnya di ujung hidung atau di pipi. Wahh, pasti bisa nurunin rasa percaya diri. Apalagi jika ukurannya besar dan berwarna kemerahan, pastinya akan semakin mengganggu terhadap penampilan. Rasanya, kita seolah tak mau bepergian keluar selagi jerawat masih nongol di wajah.

Walaupun jerawat kebanyakan singgah di kulit wajah para remaja, namun bukan berarti orang tua tak pernah berjerawat. Banyak orang yang telah menghabiskan banyak uang untuk menghilangkan jerawat dari wajahnya. Mulai dari membeli majalah kesehatan yang berisi tips menghilangkan jerawat sampai membeli obat-obatan untuk menghilangkan jerawat. Namun jika sobat mau, sebenarnya jerawat bisa disembuhkan mudah dengan mengikuti tips merawat wajah berjerawat berikut ini. Tidak mudah pastinya dan tidak instan, namun dengan ketekunan pasti bisa.

Berikut tips merawat wajah berjerawat.

  1. Cuci wajah dengan sabun yang cocok dengan jenis kulit dan pastikan Anda membilasnya dengan bersih.
  2. Jangan pernah memencet jerawat karena hanya akan memperburuk keadaan.
  3. Hindari memegang-megang jerawat dengan tangan. Jika ingin menyentuh jerawat, pastikan tangan Anda bersih (dicuci dengan sabun terlebih dulu). Namun, sebaiknya, jangan pernah menyentuh jerawat.
  4. Hindari menyentuh wajah dalam keadaan tangan kotor.
  5. Hindari makanan yang dapat menimbulkan alergi sehingga muncul jerawat.
  6. Untuk wanita, hindari pemakaian kosmetik berlebih atau tebal. Jika memungkinkan jangan memakai kosmetik apapun saat wajah Anda berjerawat karena hanya akan menghambat pori-pori dan menimbulkan kotoran baru.
  7. Jangan memakai obat jerawat sembarangan dan jangan berganti-ganti memakai obat jerawat.
  8. Pakailah atau oleskan obat jerawat, sebaiknya dengan resep dokter, pada bagian yang berjerawat saja dengan tangan bersih.
  9. Jika jerawat Anda pecah karena tersentuh secara tidak sengaja, segera basuh muka Anda dan hilangkan bercak darahnya hingga bersih. Anda bisa mengoleskan antiseptik.
  10. Hindari makanan yang mengandung kadar lemak dan protein yang tinggi, seperti gorengan, telur, dan kacang-kacangan.
  11. Perbanyak mengonsumsi sayur, buah, dan air putih.
  12. Jika jerawat tidak hilang walaupun Anda sudah melakukan perawatan wajah yang dirasa cukup, konsultasikan keluhan jerawat Anda dengan dokter.

Jika sobat termasuk salah satu orang yang memiliki permasalahan kulit wajah yang berjerawat, tips diatas bisa dicoba. Satu yang perlu sobat ingat adalah untuk tidak memencet jerawat karena hanya akan memperbesar pori-pori wajah dan memudahkan debu masuk. Salah-salah malah bisa menimbulkan infeksi dan terjadi peradangan.

Pemencetan jerawat ini biasanya bermula dari kepenasaran atau tangan yang “gatal” ingin menyentuh, memencet jerawat. Tangan yang kotor bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. Semoga tips merawat wajah berjerawat ini menjadi solusi bagi Anda yang memiliki timbunan jerawat di wajah.
Share this article :

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Galeri Bocah - by Andry Andreas Panggabean | Blog Belajar SEO | Optimasi Blog di Google
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger