SERBA-SERBI :

Mengapa Komputer Sering Restart Sendiri?

Ditulis oleh Andre pada hari Sabtu, 07 April 2012 | 15.06


Komputer yang me-restart sendiri ketika dipakai bekerja memang merupakan hal yang sangat mengganggu. Apalagi ketika kita sedang mengetik sebuah dokumen dan tiba-tiba komputer kita melakukan restart tanpa kita perintahkan, tentunya hal ini akan mengganggu.

Walaupun sangat menjengkelkan, permasalahan ini sebenarnya bisa kita atasi. Tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebab mengapa komputer sering restart sendiri. Karena jika kita biarkan hal ini terus menerus terjadi, maka akan mengganggu pekerjaan dan yang lebih parahnya lagi, komputer bisa mengalami kerusakan. Oleh sebab itu kita perlu menganalisa terlebih dahulu beberapa hal penyebab mengapa komputer sering restart sendiri.

  1. Tempratur suhu processor yang terlalu panas. Dalam hal ini, solusinya adalah dengan memeriksa apakah kipas pendingin processor masih berfungsi dengan baik atau mungkin ada gangguan. Bahkan bila perlu tambahkan kipas pendingin CPU agar kestabilan tempratur CPU dan processor tetap terjaga.
  2. Gangguan pada memory RAM. Apabila sobat menggunakan 2 buah ram pada komputer, maka solusinya adalah dengan mencoba menggunakan terlebih dahulu satu per satu untuk mengecek 'kesehatan' masing-masing RAM tersebut. Suara peringatan dari CPU akan keluar dan layar tidak akan menampilkan apapun jika memory yang dipasang bermasalah.
  3. Lonjakan listrik. Kasus lonjakan listrik dapat disebabkan oleh kegagalan daya secara tiba-tiba. Ini disebabkan oleh lonjakan listrik dari layanan listrik yang ada di daerah tersebut. Hal tersebut berpotensi menyebabkan kerusakan PC dan sistem operasi Windows. Untuk mencegahnya, sobat harus selalu memakai Stabiliser dan Uninterrubtible Power Supply (UPS).
  4. Fatal Error. Saya sendiri pernah mengalaminya. Layar menjadi biru ketika komputer sedang digunakan. Pada sistem operasi Windows versi sebelumnya, layar ini akan tetap bertahan sampai reboot manual. Tetapi pada Windows XP dan sistem terbaru yang lainnya, komputer akan secara otomatis melakukan reboot jika terjadi fatal error. Jika hal ini dibiarkan, maka PC akan terus menerus melakukan reboot.

Itulah beberapa penyebab mengapa komputer sering restart sendiri. Oleh karena itulah perawatan terhadap komputer perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal diatas.
Share this article :

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Galeri Bocah - by Andry Andreas Panggabean | Blog Belajar SEO | Optimasi Blog di Google
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger