SERBA-SERBI :

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ditulis oleh Andre pada hari Jumat, 04 Mei 2012 | 19.48


Setiap manusia tentunya selalu ingin hidup dengan penuh kesehatan, dan terus berupaya agar kesehatannya tetap terjaga. Hanya saja, banyak orang yang kesulitan mempertahankan kesehatannya karena daya tahan tubuh yang lemah. Memang, meningkatkan daya tahan tubuh bukanlah hal yang mudah. Diperlukan usaha dan kerja keras agar bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Pada dasarnya tubuh kita memiliki sistem kekebalan yang baik. Susten tersebut menghasilkan sel-sel kekebalan dengan terus menerus. Sel-sel tersebut memiliki tugas untuk mencegah anda agar tidak jatuh sakit dengan cara melindungi sistem tubuh dari bakteri dan mikroorganisme yang dapat membuat anda jatuh sakit.

Virus seperti batuk, pilek dan influenza yang menginfeksi tubuh dapat membuat kia menjadi lemah dan berdampak negatif kepada sistem daya tahan tubuh kita. Oleh sebab itu alangkah baiknya jika kita mengupayakan peningkatan daya tahan tubuh untuk mencegah serangan penyakit. Mencegah tentunya lebih baik dari mengobati bukan?

Berikut upaya yang bisa anda lakukan dalam meningkatkan daya tahan tubuh anda.

  1. Mengkonsumsi makanan yang sehat.
    Kesehatan tubuh kita dapat terganggu jika kita mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Oleh sebab itulah kita diwajibkan mengkonsumsi makanan yang sehat. Gunanya agar daya tahan tubuh serta imunitas tubuh meningkat. Dan apabila anda diet, pastikan pola makanan anda mengandung protein, lemak serta serat dalam jumlah yang berimbang dan jangan lupa untuk memasukkan makanan yang mengandung selenium, vitamin A, B2, B6, C, D, E dan zinc, yang diteliti dan dipercaya dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

  2. Istirahat yang cukup
    Banyaknya kegiatan yang kita lakukan sehari-hari tentunya akan menguras tenaga dan memperlemah tubuh. Oleh sebab itu beristirahatlah, salah satunya dengan tidur yang cukup. Sistem kekebalan tubuh akan mendapatkan manfaat baik ketika kita tidur dan beristiraha. Jangan lupa, sedikitnya anda harus tidur selama 7 jam tiap malamnya.

  3. Kurangi stress.
    Ketika anda stress, anda telah 'membantu' tubuh untuk menghambat sistem kekebalan tubuh anda. Oleh sebab itu, kiranya anda kendalikan setiap masalah yang selalu 'nongkrong' dipikiran anda dan selesaikan sesegera mungkin. Atau lakukan sedikit kegiatan yang dapat membantu anda menghilangkan rasa stress. Pergti berwisata atau berkumpul bersama teman adalah 2 contoh cara yang baik.

  4. Berolahraga
    Disela-sela waktu kerja yang sangat menyibukkan, cobalah memberi sedikit waktu kosong untuk berolahraga. Banyak dampak positif kesehatan dari kegiatan berolahraga. Dengan berolahraga, Sirkulasi darah dan metabolisme dalam diri Anda meningkat sehingga sel-sel kekebalan dalam perjalanan darah Anda bebas dan bekerja lebih efisien.

Segeralah mempersiapkan kesehatan yang baik untuk masa depan dan kehidupan yang lebih baik. :)
Share this article :

Artikel Terkait:

1 komentar:

 
Copyright © 2011. Galeri Bocah - by Andry Andreas Panggabean | Blog Belajar SEO | Optimasi Blog di Google
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger