SERBA-SERBI :

Dampak Negatif Narkoba Bagi Masyarakat

Ditulis oleh Andre pada hari Jumat, 04 Mei 2012 | 10.20


Pastinya masih sangat membekas dalam ingatan kita tentang tragedi Tugu Tani yang melibatkan seorang bernama Afriyani Susanti. Kejadian sadis yang memakan banyak korban jiwa ini membuat jutaan masyarakat Indonesia menghujat dan mengutuk apa yang telah diperbuat Afriyani. Tak pelak, beliaupun sempat dikabarkan frustasi dan ingin bunuh diri.

Setelah diselidiki, ternyata penyebab Afriyani mengemudi tidak karuan adalah karena pengaruh obat-obatan. Ya, Afriyani memang mengemudi setelah mengkonsumsi obat-obatan. Dampak dari obat-obatan tersebut membuat Afriyani menjadi tak dapat mengendalikan diri dan akhirnya menabrak pejalan kaki dengan membabi buta.

Dari kasus tersebut kita bisa mengambil kesimpulan bahwa narkoba adlah obat-obatan yang berbahaya. Obat-obatan berbahaya tersebut terkenal dengan istilah Narkoba yang merupakan singkatan dari Narkoba dan Obat-obatan Berbahaya. Narkotika sendiri berasal dari bahasa inggris "narcotic" yang artinya obat bius. Narkotika merupakan bahan yang bisa didapat dari 3 jenis tanaman papaper somniferum (candu), erithroxyion coca (kokain) dan cannabis sativa (ganja) baik murni ataupun campuran.

Undang-undang Narkotika nomor 22 tahun 1997 menyebutkan bahwa narkotika merupakan zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semi sintetis ysng dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan.

Dampak negatif dar narkoba membuat banyak orang menjadi khawatir. Apalagi belakangan ini semakin banyak anak-anak muda yang tertangkap tangan menggunakan narkoba. Tak heran, berbagai penyuluhan pun dilakukan di berbagai sekolah untuk mencegah meningkatnya jumlah pengguna narkoba, walaupun faktanya jumlah pengguna narkoba terus meningkat.

Sekiranya sobat menjauhkan diri dari yang namanya narkoba karena dampak negatif yang ditimbulkannya. Narkoba dapat memberikan dampak negatif bagi setiap orang yang mengkonsumsinya. Dampak negatif tersebut dapat merugikan diri sendiri, keluarga, masyarakat, bahkan bangsa dan negara. Berikut pembahasannya.

  1. Dampak negatif kepada diri sendiri.

    • Narkoba akan merubah kepribadian dan karakter si korban secara drastis. Contohnya menjadi pemurung, pemarah, melawan, serta durhaka kepada orangtua.
    • Menimbulkan sifat masa bodoh sekalipun terhadap dirinya seperti tidak lagi memperhatikan pakaian, tempat tidur dan sebagainya, hilangnya ingatan, dada nyeri dan dikejar rasa takut.
    • Semangat belajar menurun dan suatu ketika bisa saja si korban bersifat seperti orang gila karena reaksi dari penggunaan narkoba.
    • Tidak lagi ragu untuk mangadakan hubungan seks karena pandangnya terhadap norma-norma masyarakat, adat kebudayaan, serta nilai-nilai agama sangat longgar. Dorongan seksnya menjadi brutal, maka terjadilah kasus-kasus perkosaan.
    • Tidak segan-segan menyiksa diri karena ingin menghilangkan rasa nyeri atau menghilangkan sifat ketergantungan terhadap obat bius, ingin mati bunuh diri.
    • Bagi anak-anak sekolah, prestasi belajarnya akan menurun karena banyak berkhayal dan berangan-angan sehingga merusak kesehatan dan mental.
    • Memicu timbulnya pemerkosaan dan seks bebas yang akhirnya terjebak dalam perzinahan dan selanjutnya mengalami penyakit HIV/ AIDS.


  2. Dampak Negatif Kepada Keluarga

    • Tidak lagi segan untuk mencuri uang dan bahkan menjual barang-barang di rumah untuk mendapatkan uang secara cepat.
    • Tidak lagi menjaga sopan santun di rumah bahkan melawan kepada orang tua.
    • Kurang menghargai harta milik yang ada seperti mengendarai kendaraan tanpa perhitungan rusak atau menjadi hancur sama sekali.
    • Mencemarkan nama keluarga.


  3. Dampak Negatif yang bersifat sosial
    • Berbuat yang tidak senonoh ( mesum/cabul ) secara bebas, berakibat buruk dan mendapat hukuman masyarakat.
    • Mencuri milik orang lain demi memperoleh uang.
    • Menganggu ketertiban umum, seperti ngebut dijalanan dan lain-lain.
    • Menimbulkan bahaya bagi ketentraman dan keselamatan umum antara lain karena kurangnya rasa sosial manakala berbuat kesalahan.
    • Timbulnya keresahan masyarakat karena gangguan keamanan dan penyakit kelamin lain yang ditimbulkan oleh hubungan seks bebas.


  4. Bahaya Bagi Bangsa Dan Negara

    • Rusaknya pewaris bangsa yang seyogyanya siap untuk menerima tongkat estafet kepemimpinan bangsa.
    • Hilangnya rasa patriotisme atau rasa cinta bangsa yang pada gilirannya mudah untuk di kuasai oleh bangsa asing.
    • Penyelundupan akan meningkat padahal penyelundupan dalam bentuk apapun adalah merugikan negara.
    • Pada akhirnya bangsa dan negara kehilangan identitas yang disebabkan karena perubahan nilai budaya.

Tak salah jika masyarakat sangat meresahkan keberadaan para pengguna narkoba yang dapat 'menularkan' ketagihannya kepada orang lain. Dampak negatif dari narkoba tersebut bahkan dapat terlihat dari wajah pemakainya. Lihat gambar berikut.
wajah pertama 2 Wajah Para Pemakai Narkoba Sebelum Dan Sesudah Kecanduan
wajah ke 21 Wajah Para Pemakai Narkoba Sebelum Dan Sesudah Kecanduan
wajah ke 3 Wajah Para Pemakai Narkoba Sebelum Dan Sesudah Kecanduan
wajah keempat Wajah Para Pemakai Narkoba Sebelum Dan Sesudah Kecanduan

wajah ke 5 Wajah Para Pemakai Narkoba Sebelum Dan Sesudah Kecanduan
wajah keenam Wajah Para Pemakai Narkoba Sebelum Dan Sesudah Kecanduan
wajah ke 7 Wajah Para Pemakai Narkoba Sebelum Dan Sesudah Kecanduan
wajah ke 8 Wajah Para Pemakai Narkoba Sebelum Dan Sesudah Kecanduan
wajah ke 9 Wajah Para Pemakai Narkoba Sebelum Dan Sesudah Kecanduan
wajah ke 10 Wajah Para Pemakai Narkoba Sebelum Dan Sesudah Kecanduan
wajah ke 11 Wajah Para Pemakai Narkoba Sebelum Dan Sesudah Kecanduan
wajah ke 12 Wajah Para Pemakai Narkoba Sebelum Dan Sesudah Kecanduan


Dari poin-poin diatas kita dapat menyimpulkan bahwa narkoba memang sangat berbahaya. Dan Tragedi Tugu Tani adalah salah satu buktinya. Dampak negatif yang dihasilkan dari narkoba tidak hanya merugikan penggunanya saja, tetapi juga dapat merugikan orang lain, bahkan yang 'tidak berdosa' sekalipun.

Sekiranya kita semua menjauhi diri dari yang namanya narkoba dan menatap masa depan yang cerah dengan mengatakan SAY NO TO DRUGS! Salam Sukses!
Share this article :

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Galeri Bocah - by Andry Andreas Panggabean | Blog Belajar SEO | Optimasi Blog di Google
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger