SERBA-SERBI :

Susu Inovasi Yang Sehat dan Halal Untuk Pertumbuhan Anak

Ditulis oleh Andre pada hari Sabtu, 30 Juni 2012 | 15.17

Anda tahu susu? Saya sangat yakin jawabannya adalah ya. Dizaman modern ini saya rasa tidak ada lagi orang yang tidak mengetahui yang namanya susu. Anak-anak, remaja, dewasa, semua tahu susu. Jika anda berkecimpung didunia kesehatan pasti tahu banyak soal susu. Bahkan Sutan Batugana yang seorang politikus saja tahu apa itu susu, bukan begitu?

Jika kita tahu susu, tentunya kita juga pasti tahu manfaat dari susu. Dahulu saya pernah mengikuti kunjungan sosial ke suatu Sekolah Dasar, saat itu saya bertanya kepada murid mengenai manfaat susu. Dengan semangat mereka mengangkat tangan dan menjawab pertanyaan saya. Bahkan diantaranya ada yang langsung berteriak "untuk pertumbuhan!", "untuk kesehatan", "supaya pintar!". Begitulah bocah-bocah polos itu menjawabnya.

Saudaraku, sangat penting bagi kita untuk perduli terhadap kesehatan dan pertumbuhan anak. Mengapa demikian? Perlu kita ketahui, anak-anak merupakan generasi yang akan menjadi penerus bangsa dimasa yang akan mendatang. Kalau anak-anak tersebut memiliki tingkat kecerdasan yang rendah serta pertumbuhannya tidak optimal, bagaimana bisa memajukan Bangsanya. Bukan begitu?

Ilustrasi Tumbuh Kembang Anak
Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk mencerdaskan serta mengoptimalkan pertumbuhan anak?

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk melakukan hal tersebut. Namun ada satu hal pertama yang penting dan sangat mendasar dalam membantu pertumbuhan anak. Apakah itu? Yaitu dengan memberi asupan gizi yang baik.

Lantas akan muncul pertanyaan lagi, seperti apakah asupan gizi yang baik itu?

Yang banyak orang ketahui pada umumnya mengenai kriteria asupan gizi yang baik itu adalah Menu Empat Sehat Lima Sempurna. Saya yakin anda pasti tahu hal ini. Dan saya akan mencoba menguraikan kira-kira apa sih Empat Sehat Lima Sempurna itu?

Menu empat sehat tersebut terdiri atas empat unsur penting, yaitu unsur karbohidrat (nasi, roti, dsb), unsur protein (lauk pauk berupa daging, ikan, tahu, tempe, dsb), unsur vitamin dan mineral (sayur mayur dan buah-buahan). Lantas, apakah unsur kelima yang menjadi penyempurna menu diatas?

Jawabannya adalah SUSU! Susu mengandung banyak sekali kebaikan untuk tubuh, terutama bagi pertumbuhan anak. Oleh sebab itulah susu dianggap sebagai salah satu hal yang penting dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Susu, demikianlah orang Indonesia menyebutnya, bukanlah minuman biasa, melainkan minuman dengan sejuta manfaat. Bahkan disitus Wikipedia, secara gamblang dijelaskan betapa pentingnya susu.

Susu adalah cairan bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia betina. Susu adalah sumber gizi utama bagi bayi sebelum mereka dapat mencerna makanan padat. Susu binatang (biasanya sapi) juga diolah menjadi berbagai produk seperti mentega, yogurt, es krim, keju, susu kental manis, susu bubuk dan lain-lainnya untuk konsumsi manusia.


Dewasa ini, susu memiliki banyak fungsi dan manfaat. Untuk umur produktif, susu membantu pertumbuhan mereka. Sementara itu, untuk orang lanjut usia, susu membantu menopang tulang agar tidak keropos. Susu mengandung banyak vitamin dan protein. Oleh karena itu, setiap orang dianjurkan minum susu. Sekarang banyak susu yang dikemas dalam bentuk yang unik. Tujuan dari ini agar orang tertarik untuk membeli dan minum susu. Ada juga susu yang berbentuk fermentasi.

Bagaimana? Jelas bukan betapa pentingnya susu? YA! Tanpa anda mengetahui seluk beluk kandungan susu sekalipun, seharusnya anda tahu dan menyadari betapa pentingnya susu, terutama bagi tumbuh kembang anak.

Namun, seringkali para orangtua tidak  menyadari betapa pentingnya susu bagi buah hati mereka. Oleh sebab itulah, dalam rangka memasyarakatkan susu yang berinovasi dan halal untuk pertumbuhan anak, Frisian Flag dan MUI mengadakan acara Indonesia Halal Expo 2012 (INDHEX) serta menggalakkan tema 'Susu Inovasi Yang Sehat dan Halal Untuk Pertumbuhan Anak' melalui Kontes Blog yang diselenggarakan atas kerjasama dengan BLOGDetik. Diharapkan dengan diselenggarakannya acara ini, kesadaran masyarakat tentang pentingnya susu dapat kembali tumbuh dan menjamur, agar anak Indonesia dapat tumbuh lebih optimal.

Itulah sedikit curhat saya mengenai susu. Saya harap melalui tulisan ini kesadaran para orangtua terhadap pemberian asupan gizi yang berupa susu terhadap anaknya dapat tumbuh, sehingga anak Indonesia bisa bertumbuh secara optimal. Mari bersama kita jadikan susu sebagai Inovasi Yang Sehat serta Halal untuk pertumbuhan anak!
Share this article :

Artikel Terkait:

1 komentar:

  1. minta komentarnya di blog gue dong... coz buat lomba nih... pliss http://rhianzflash.blogspot.com/2012/07/v-behaviorurldefaultvmlo.html

    BalasHapus

 
Copyright © 2011. Galeri Bocah - by Andry Andreas Panggabean | Blog Belajar SEO | Optimasi Blog di Google
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger