SERBA-SERBI :

Tentang Musik Country

Ditulis oleh Andre pada hari Jumat, 14 Januari 2005 | 07.08

country
Sobat tentu tahu Tantowi Yahya, seorang pembawa acara sekaligus entertainer yang sangat terkenal di Indonesia. Selain pembawa acara, Tantowiyahya ternyata adalah penyanyi musik country dulunya. Lagu-lagunya yang sangat terkenal antara lain 'Hidupku Sunyi dan Aryati. Lagu-lagu tersebut tentunya berirama Country. Lantas, apakah musik Country?

Musik Country merupakan campuran dari berbagai unsur musik di Amerika yang berasal dari Amerika Serikat Bagian Selatan dan Pegunungan Appalachia. Musik tersebut kemudian berakar dari lagu rakyat Amerika Utara, musik kelt, musik gospel, lalu berkembang sejak tahun 1920-n. Istilah musik Country mulai familiar digunakan sekitar tahun 1940-an, untuk menggantikan istilah musik hillbilly yang terkesan merendahkan. Pada tahun 1970-an, istilah musik country semakin populer. Country and Western adalah isilah lain untuk genre musik ini, namun semakin jarang digunakan kecuali di Britania Raya dan Irlandia.

Bagi anda para penggemar musik Rock n Roll, tentunya tidak asing dengan nama Elvis Presley. Karier Elvis Presley berawal dari musik berirama country sebelum menjadi raja rock and roll. Salah satu julukan baginya adalah The Hillbilly Cat. Elvis juga pernah menjadi bintang tamu tetap di acara radio milik Louisiana Hayride, Salah seorang penyanyi country, Garth Brooks tercatat sebagai artis solo terlaku dalam sejarah industri rekaman AS. Ia telah menjual lebih dari 200 juta rekaman. Taylor Swift adalah musisi country yang paling dikenal di Dunia & Indonesia saat ini.


Musik Country Di Indonesia

Di era dekade 80an, musik Country banyak mempengaruhi musisi-musisi Indonesia. Sebut saja Ebiet G. Ade dan Iwan Fals dalam irama aransemen mereka, dengan banyaknya suara instrumen seperti gitar bass, biola, dan harmonika yang dimainkan dalam lagu-lagu mereka.

Di Indonesia sendiri, musik Country kontemporer mulai dipopulerkan oleh Tantowi Yahya pada pertengahan dekade 2000an. Country Music Club of Indonesia adalah grup yang ia dirikan pada pertengahan 2000an, dan kemudian menjadi host di MetroTV dengan acara televisi bertajuk “Goin’ Country” yang ditayangkan oleh MetroTV.

Sumber: Wikipedia
Share this article :

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Galeri Bocah - by Andry Andreas Panggabean | Blog Belajar SEO | Optimasi Blog di Google
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger