SERBA-SERBI :

Lokasi Strategis Penempatan Iklan Adsense

Ditulis oleh Andre pada hari Minggu, 18 Desember 2011 | 21.21

adsense
Semua pasti sudah pada tau Adsense, sebuah program pendulang dolar dari Google yang didedikasikan kepada para blogger yang ingin mendapatkan penghasilan dengan memasang iklan di blog mereka. Sistem kerjanya adalah si blogger mendapatkan dolar dari setiap iklan yang diklik, artinya semakin banyak visitor blog, semakin besar peluang sukses di program ini. Tapi tidak hanya itu saja, posisi pemasangan iklan pun sangat berpengaruh terhadap suksesnya para publisher Adsense.

Secara umum, Google Adsense telah menjelaskan beberapa prinsip penempatan iklan adsense pada sebuah website. Berikut ini beberapa prinsip dasar penempatan iklan adsense tersebut :

  1. Tempatkan Iklan Adsense di bagian atas atau Header website Anda

    Banyak yang mengatakan bahwa pengunjung suka mengklik gambar di bagian header yang besar. Dari sini kita dapat jadikan patokan untuk memasang iklan adsense di bagian header, Anda bisa menempatkan iklan gambar pada bagian ini.

    Agar CTR header kita lebih sempurna, Pilih iklan adsense yang berukuran besar misalkan ukuran 728×90, dan setting hanya untuk menampilkan iklan gambar saja. kemudian di bawah unit iklan gambar tersebut bisa anda tambahkan unit iklan link yang seukuran dengan iklan di header tadi.


  2. 2. Tempatkan Iklan Adsense di bagian Sidebar

    Jika website Anda terdiri dari dua kolom, dengan artian hanya memiliki satu sidebar, pasanglah unit iklan adsense di bagian atas. Buatlah supaya menampilkan iklan teks saja. Bila CTR yang di hasilkan kurang begitu maksimal bisa dicoba memasang gambar di atas iklan tersebut atau beberapa link dari posting di website Anda.

    Sedangkan jika website Anda terdiri dari tiga kolom atau memiliki dua sidebar kanan dan kiri. Pasanglah iklan di sidebar kanan dengan ukuran yang memanjang kebawah, misalnya ukuran 160x600 atau 120x600. Atur agar iklan yang ditampilkan berupa teks saja. Kemudian dibagian bawahnya, Anda bisa menambahkan pernak-pernik website anda seperti related post atau popular post.


  3. 3. Tempatkan Iklan Adsense di bagian Posting

    Berdasarkan pengalaman master-master adsense, iklan pada bagian ini memiliki nilai CTR yang tinggi, karena posisi ini memang sangat strategis dan memiliki potensial klik yang tinggi. Beberapa trik memasang iklan pada bagian posting, antara lain:

    Memasang unit iklan adsense pada bagian paling atas postingan atau sebelum judul. usahakan iklan yang terpasang disini berupa banner melebar. Anda bisa mengatur agar iklan yang tapil berupa teks atau gambar. Namun disarankan agar hanya menampilkan iklan dalam bentuk teks diposisi ini.
    Memasang unit iklan adsense yang format ukuran besar tepat setelah judul posting. Iklan yang ditampilkan bisa berupa gambar maupun teks saja, atau juga kedua-duanya. Namun menaruh iklan tepat di bawah posting bisa berpotensi melanggar TOS Google Adsense. Bagaimana biar tidak melanggar TOS? Anda bisa memasang teks "advertisment" dibagian atas iklan atau tepat dibawah judul.
    Memasang unit iklan adsense di tengah-tengah posting. Cara pemasanganya dapat menggunakan plugin ataupun dengan menggunakan script PHP tertentu. Anda bisa memasang iklan dengan format teks atau gambar disini.


Setelah mengikuti langkah-langkah diatas, tunggulah beberapa hari, kemudian Anda bisa mengecek posisi manakah yang memiliki klik yang banyak atau memiliki nilai CTR yang tinggi.

Itulah ringkas penjelasan tentang Lokasi Strategis Penempatan Iklan Adsense, selamat mendulang dolar happy !!
Share this article :

Artikel Terkait:

1 komentar:

  1. berkunjung ke blog sobat
    jangan lupa ya kunjungannya

    BalasHapus

 
Copyright © 2011. Galeri Bocah - by Andry Andreas Panggabean | Blog Belajar SEO | Optimasi Blog di Google
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger