SERBA-SERBI :

Tips Hemat dalam Berbelanja

Ditulis oleh Andre pada hari Kamis, 05 Januari 2012 | 19.37

belanja hemat
Yang paling sulit dilakukan ketika belanja adalah menjaga agar mata tidak 'lapar' ketika melihat barang-barang di tempat perbelanjaan. Hal tersebut pada akhirnya mengakibatkan anda justru 'kejeblosan' dan mengeluarkan uang dalam jumlah banyak untuk berbelanja. Kita harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan, walaupun itu sulit. Oleh karena itu ada beberapa cara yang bisa kita pakai sebagai referensi agar lebih pintar dalam mengontrol keinginan belanja dan pengeluaran anda.

  1. Buat Budget

    "Anda tidak mungkin bisa berbelanja sesuai budget jika Anda tidak memiliki budget untuk belanja," ungkap Karen Hoxmeier, pemilik MyBargainBuddy.com, salah satu website manajemen keuangan.

    Karen menyarankan untuk melihat kembali semua tagihan utang dan rencana keuangan Anda. "Gambarlah seberapa banyak pengeluaran Anda, seberapa banyak pengeluaran Anda, dan berapa banyak uang yang bisa Anda alokasikan untuk belanja," tukasnya. Selain membuat anggaran uang belanja, berikan juga alokasi waktu khusus untuk berbelanja. Jika Anda berbelanja dengan terburu-buru, Anda akan lebih mungkin menghabiskan banyak uang untuk membeli barang yang tidak Anda butuhkan.


  2. Gunakan banyak Toko sebagai referensi

    Sebelum kita melakukan pembelian di suatu toko, ada baiknya kita melihat dulu ke toko yang lain. Tidak terkecuali jika kita berbelanja secara online, alangkah baiknya jika kita memeriksa dulu beberapa situs web yang menjajakan produk yang sama sebelum membeli, barangkali kita bisa mendapatkan produk yang sama dengan kualitas sama dan harga lebih murah.

  3. Pikirkan matang-matang Tentang "peak season"

    Label harga dapat menjadi panduan yang terpercaya saat anda berbelanja. Oleh sebab itu, jika anda sedang mencari sebuah produk, tetaplah berpikir terbuka, kreatif dan fleksibel. Contohnya, "Misalnya ketika Anda mencari karpet baru untuk ruang tamu, jangan terpaku pada ukuran atau gaya tertentu. Carilah benda tersebut di beberapa toko, lalu cek harganya. Anda mungkin akan menemukan sesuatu yang lebih baik dan lebih terjangkau," tukas Hoxmeier.

    Selain itu, pertimbangkan juga peak season saat berbelanja. Barang-barang akan menjadi lebih mahal ketika masa liburan, atau mendekati hari raya dan tahun baru. Karena itu, berpikir dulu sebelum berbelanja untuk perayaan tertentu agar Anda tidak mendapat harga yang lebih mahal.


  4. Pandai membedakan keinginan dan kebutuhan

    Salah satu kunci untuk bisa bertahan dengan anggaran keuangan adalah mengetahui perbedaan antara kebutuhan dan keinginan. "Sebelum membeli apapun, tanyakan pada diri Anda apakah Anda benar-benar membutuhkannya. Bisa menawar sebuah barang dengan harga murah atau mendapatkan barang diskonan tidak akan ada gunanya jika hanya berakhir di lemari dan menjadi usang.(female.kompas.com)


Share this article :

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Galeri Bocah - by Andry Andreas Panggabean | Blog Belajar SEO | Optimasi Blog di Google
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger