SERBA-SERBI :

Khasiat Tumbuhan Pakis

Ditulis oleh Andre pada hari Kamis, 09 Februari 2012 | 16.46

Khasiat Tumbuhan Pakis | Pakis (Nephrolephis Bisserata) adalah tumbuhan yang sering muncul pada batang kelapa sawit. Kegunaan Pakis pada kelapa sawit adalah dapat membantu untuk melembabkan tanah dan mencegah tumbuhnya rumput yang berbahaya. Tetapi banyak sekali petani yang menganggap remeh pertumbuhan pakis ini, padahal jika dikembangbiakkan dengan bagus, pakis dapat berkhasiat sebagai obat dan bermanfaat sebagai sayur. Daun pakis juga tidak mengenal musim, oleh sebab itulah pakis dapat dipanen setiap saat.

  1. Pakis untuk tanaman hias : Pakis monyet yang rupa dan bentuknya menyerupai binatang monyet, Pakis tanduk rusa, Pakis sarang burung, Suplir, dan Pakis Rane
  2. Pakis untuk obat-obatan : Aspidium sp, Dryopteris filix, lycopodium clavtum 3. Untuk sayuran : Pakis haji 
  3. Untuk sayuran : Pakis haji.
  4. Untuk Pupuk hijau : Azolla piñata
  5. Untuk tanaman penghias karangan bunga : Lysopodium Cernuum
     
Pakis Pun Memiliki Manfaat dan khasiat



Simak manfaat tanaman pakis berikut ini :  Pakis untuk kesehatan : 
  • Tanaman pakis dapat mengobati diabetes mellitus dan pendarahan menstruasi.
  • Buah pakis dapat mengobati diabetes mellitus dan perdarahan menstruasi
  • Batang pakis dapat mengobati Hepatitis
  • Daun pakis dapat mengobati bisul, radang kulit bernanah, atau luka bakar.Karena daun pakis mempunyai vitamin C yang sangat tinggi, yaitu sekitar 30 mg per 100 g. hal ini bertujuan untuk pembentukan kolagen pada kulit dan penyembuhan luka.
  • Daun pakis juga dapat mengobati penyakit rematik, karena dalam komposisinya, pakis juga memiliki kalsium dan fosfor yang sangat tinggi. 
  • Pada daun pakis rambat berguna untuk penyakit amandel dan darah tinggi.
Khasiat Tumbuhan Pakis :

Salah satu khasiat pakis adalah untuk obat yang mengobati dari dalam tubuh. Selain itu pakir juga mempunyai kandungan gizi yang cukup baik, yang berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mempercepat penyembuhan luka, dan dapat mencegah penyakit degneratif. Sepuluh tangkai bunga pakis cukup direbus dengan air, atau dicampur sebagai sayur pada masakan. Sedangkan untuk mengobati penyakit kulit, daun pakis cukup dilumatkan dan ditempelkan pada bagian yang sakit dan didiamkan beberapa menit. Mengkonsumsi pakis juga jangan terlalu berlebihan, selain pakis ini rasanya pahit juga agak sedikit beracun. Oleh sebab itu, tidak semua pakis dapat Anda makan, karena pakis yang dapat dimakan adalah pakis yang mempunyai daun dan batang yang masih sangat muda, batangnya gemuk, dan mudah dipatahkan. 



Pakis untuk sayuran

Pakis yang bagus memiliki rasa yang kenyal dan agak kesat. Masyarakat Indonesia yang gemar mengkonsumsi sayur ini adalah masyarakat Sumatera dan Jawa. Pakis yang dapat dimakan menjadi sayuran adalah terdapat pada daun mudanya yang belum mekar. Oleh karena itu, petani pakis biasanya mengambil tumbuhan ini selagi muda. Pakis jangan dikonsumsi mentah, karena pakis mengandung asam sikimat yang tidak baik untuk pencernaan. Oleh karena itu tidak ada lalapan pakis.  


Tips Mengolah Daun Pakis Mengolah daun pakis ternyata juga perlu mendapat perhatian. Jadi, beberapa hal yang perlu untuk Anda ketahui, adalah cuci bersih pakis pada air yang mengalir. Jangan terlalu lama, karena akan melunturkan vitaminnya. Pencucian ini hanya untuk melunturkan kotorannya saja. Selain itu jangan dicuci dengan metode merendam sayur pakis, karena vitamin dan mineralnya mudah larut dalam air. Pakis yang direbus cukup sebentar saja, jangan direbus terlalu lama. Vitamin yang terdapat pada tumbuhan pakis dapat mudah teroksidasi pada suhu yang tinggi. Bagaimana? Mulai tertarik mengkonsumsi pakis?
Share this article :

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Galeri Bocah - by Andry Andreas Panggabean | Blog Belajar SEO | Optimasi Blog di Google
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger