SERBA-SERBI :

Tips Jitu Menghadapi Ujian Nasional

Ditulis oleh Andre pada hari Minggu, 12 Februari 2012 | 12.12

Dalam menghadapi ujian di sekolah, tentunya kita dituntut untuk lebih mempersiapkan diri untuk melewati ujian yang akan kita hadapi. Terlebih bagi para peserta didik yang sebentar lagi akan menghadapi Ujian Nasional 2012, tentunya harus lebih banyak belajar agar bisa menghadapi ujian dan mendapat hasil yang memuaskan.

Ketika belajar, kita tentunya harus benar-benar menyerap materi pelajaran yang kita pelajari agar dapat menjawab setiap soal yang diberikan. Berikut ada beberapa Tips Jitu Menghadapi Ujian yang boleh sobat ikuti untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian.

  1. Siapin mental kamu.
    Seberapa pintarpun kamu, jika tidak memiliki sikap mental yang positif, hal itu akan mengganjal kamu dalam menggapai sukses. Contohnya saja, si A seorang yang pintar, tetapi mudah panik. Ketika ujian ia menyelesaikan setiap soal dengan sabar, namun ketika melihat temannya keluar kelas satu per satu, pikirannya mulai kacau.

    Kok mereka udah keluar yah? Apa pekerjaan mereka udah selesai? Ia pun jadi nggak konsen. Apa yang sudah dikuasai menjadi buyar seketika. Padahal tahu nggak? Teman-temannya itu keluar karena ngerasa sama sekali nggak bisa jawab. Daripada bengong, mending keluar, nongkrong.
    Diantara sikap mental negatif yang lain adalah: minder, gampang panik, nggak sabaran dan menyerah sebelum bertanding alias putus asa. “Yah, ngapain capek-capek belajar, emang gue bodoh bin idiot. Nggak lulus, bukan berarti kiamat kan?” Yee… kalau kamu udah kepikiran seperti itu, tanpa ujianpun, 99,9999% kamu udah dijamin nggak lulus.
    Nah, bangunlah sikap percaya dirimu, yakin deh, kamu pasti akan lulus. Jika kamu berusaha keras menyiapkan diri sebaik-baiknya, belajar dengan serius, bukan hanya sekedar lulus, bahkan peringkat bintang pun bisa kamu gaet.
    Soal ujian kan diambil dari pelajaran yang selama ini kamu pelajari. Nggak mungkin soalnya datang dari perguruan tinggi, alias lebih tinggi.

  2. Rajin memotivasi diri.
    Sebelum ujian, biasa memang, sekolah, guru atau orangtua memberikan motivasi dalam bentuk bermacam-macam. Dengan mengadakan seminar-seminar atau pemberian hadiah. Bagus banget jika kamu menyimak dengan baik motivasi tersebut. But, motivasi yang paling baik sebenarnya justru yang berasal dari kamu sendiri. Siapa yang nggak punya mimpi? Semuanya pasti punya kan! Nah, bermimpilah setinggi mungkin. Berawal dari mimpi itulah kamu akan terdorong untuk mewujudkannya. Tulislah mimpimu besar-besar kalau perlu tempel dan lumuri dengan warna mencolok, agar setiap kamu melihatnya, hatimu kan bergetar (brgzzz.. backsound: petir menyambar). Yakin deh…!!!
    Motivasi juga akan sangat dipengaruhi oleh visi dan misi. Waduh makhluk apaan tuh? Visi adalah apa yang kamu inginkan terjadi pada dirimu dimasa yang akan datang. Boleh juga disebut dengan mimpi-mimpi besar. Sedangkan misi adalah apa-apa yang harus kamu lakukan buat mewujudkan mimpi-mimpi besarmu itu.
  3. Menetapkan target.
    Dengan target kamu akan bekerja denga penuh semangat. Target juga alat yang efektif untuk mengusir rasa malas, bosan, bete, jenuh dan seabrek pemikirian negatif lainnya.
    Akan tetapi, target haruslah realistis. Misalnya, kamu nggak terlalu doyan sama matematika, nggak usah matok target dapat nilai 100. Karena hanya berbuah kecewa rasa masam plus berkerut. Kamu bisa mengukur target berdasarkan kemampuan yang kamu miliki.
    Waduh, jangan juga sampe nggak target apa-apa alias statis. Padahal orang yang terbaik menurut rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, adalah yang hari ini lebih baik dari hari kemarin. Sebaliknya jika hari ini lebih buruk dari hari kemarin, berarti kita termasuk kategoro orang yang celaka.

  4. Kurangi kebiasaan nggak produktif.
    Besok mau ujian, eh… masih sempat-sempatnya nge-game, nonton sinetron atau malah genjrang-genjreng gitarin di pos ronda dengan konco-konconya.
    Pengen sukses kan ujian? Tiada kesuksesan tanpa perjuangan dan tiada perjuangan tanpa pengorbanan. Ciee… patriot banet! (eh.. ini serius lho!). Salah satunya rela ngorbanin kebiasaan-kebiasaan yang ngga produktif (apalagi yang sifatnya makruh atau bahkan haram, ih jauh lah!), yang semuanya membuang-buang waktu dan stamina. Karena menjelang ujian, waktu tuh berharga banget, lho!
    So, jika kamu senang banget nonton TV, nongkrong di playstation, ngerjain teman-teman, balapan liar, nongkrong di mall… sebaiknya pas menjelang ujian, hindari dulu deh…!
    Bagusnya sih, after ujian kamu ilangin kebiasaan norak itu dan ganti dengan kebiasaaan yang lebih bermanfaat, all right!!!

Nah itulah 4 Tips Jitu Menghadapi Ujian yang bisa kamu ikuti. Jika ingin menambahkan, silahkan berkomentar dibawah, semoga bermanfaat :)
Share this article :

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Galeri Bocah - by Andry Andreas Panggabean | Blog Belajar SEO | Optimasi Blog di Google
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger