SERBA-SERBI :

Mengapa Thailand Tidak Pernah Dijajah?

Ditulis oleh Andre pada hari Sabtu, 24 Maret 2012 | 19.45


Mungkin sobat tidak heran dengan berbagai penjajahan yang dilakukan ketika dunia masih dalam zaman peperangan. Berbagai bangsa khususnya di benua Asia sudah merasakan yang namanya dijajah. Namun tahukah sobat ada satu bangsa yang berasal dari Asia yang tidak pernah dijajah?Ya, Thailand adalah negara yang tidak pernah dijajah. Agak terdengar ganjil, namun itulah faktanya. Mau tahu mengapa Thailand tidak pernah dijajah?

Penyebab Thailand tidak pernah dijajah memiliki faktor internal dan eksternal:

Faktor Internal

Raja thailand pada masa itu sifatnya terbuka terhadap dunia luar.
Sudah adanya orang-orang yang berpendidikan di thailand pada masa itu terutama keluarga kerajaan. Anak-anak raja,keluarga raja di kirimkan keluar negeri(ke Eropa)guna menuntut ilmu,bahkan mendatangkan guru dari eropa ke kerajaan untuk mengajarkan ilmu pengetahuan.

Faktor Eksternal
Negara Thailand pada masa itu menjadi buffer state (perbatasan)wilayah para kolonialis Eropa, antara Inggris di utara dan selatan, Prancis di Indocina dan Belanda di Hindia Belanda.

Itulah alasan mengapa Thailan tidak pernah dijajah. Andaikan saja di Indonesia sudah ada orang-orang yang berpendidikan dizaman penjajahan, maka bukan tidak mungkin para penjajah tidak ada yang berani menjajah Indonesia.
Share this article :

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Galeri Bocah - by Andry Andreas Panggabean | Blog Belajar SEO | Optimasi Blog di Google
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger