SERBA-SERBI :

Cara Memaksimalkan Kerja Otak

Ditulis oleh Andre pada hari Senin, 30 April 2012 | 10.16


Memiliki otak dengan kinerja maksimal tentunya merupakan dambaan setiap orang. Banyak keuntungan yang kita dapatkan, salah satunya menjadi orang pintar. Menjadi orang pintar pun memiliki banyak keuntungan, diantaranya adalah dihargai oleh teman, disukai oleh guru/dosen, mudah mendapaktan peringkat di kelas, dan mudah mendapatkan pekerjaan serta gampang meraih kesuksesan.

Untuk memaksimalkan kerja otak hingga menjadi pintar sebenarnya tidak sulit. Pintar itu sendiri bersifat relatif. Orang yang tidak hebat dalam pelajaran Kimia tidak bisa dibilang tidak pintar jika pada kenyataanya ia unggul di bidang lain, contohnya musik.

Nah, berikut ada beberapa tips tentang cara memaksimalkan kerja otak seperti yang dipaparkan Indowebster. silahkan disimak artikel berikut tentang cara memaksimalkan kinerja otak.

  1. Latih kemampuan dalam mengamati.
    Coba pandangi lingkungan sekitar. Pandangi dan rekam dalam kepala anda setiap apa yang anda lihat. Mulailah memandang sesuatu yang paling sederhana dan dilanjutkan dengan yang lebih rumit.

  2. Mengasah Indra.
    Latihlah indra yang anda miliki. Bisa dengan cara membedakan rasa makanan yang disukai atau tidak.

  3. Hafalkan nama teman-teman sebanyak mungkin beserta nomor handphone-nya.
    Hal ini sepele namun berpotensi besar untuk menjadikan anda manusia yang lebih pintar. Lakukan dan lihat seberapa banyak anda bisa menghafal dan mengingatnya.

  4. Pelajari sesuatu yang baru.
    Banyak membaca dan berkenalan dengan hal-hal lain yang mungkin bukan bidang Anda, bisa bahasa asing, pengetahuan tentang komputer, dan lain-lain.

  5. Pelajari dan hafalkan tanggal-tanggal penting, menyangkut anggota keluarga, teman, atau perayaan tertentu.

  6. Hafalkan sesuatu yang Anda sukai.
    Bisa jadi itu puisi, lagu, kalimat dari sebuah buku atau kata-kata seseorang. Sebisa mungkin juga usahakan agar kalimat yang digunakan adalah bahasa asing.

  7. Latihan menghafal urutan angka berderet panjang, misalnya 32145687390282930498.
    Ini adalah bentuk latihan memperbaiki daya ingat jangka pendek. Lakukan dengan mengelompokkan atau memecah bilangan itu menjadi beberapa bagian, misalnya 3214568 kemudian 7390282 dan terakhir 930498.

  8. Ingat perjalanan pribadi.
    Apa yang sedang Anda kerjakan satu jam lalu, minggu lalu pada hari Rabu pukul 10.00, misalnya. Dengan siapa, di mana, dan seterusnya.

  9. Ingat dan teliti ulang pengeluaran harian.
    Apa yang Anda beli kemarin? Berapa uang yang ada dalam dompet Anda sekarang? Kapan Anda terakhir mengambil uang tunai, dan seterusnya.

Lakukan latihan-latihan diatas untuk menjaga agar sel otak tetap aktif bekerja dan jaringan penguhubung antar sel otak semakin merapat. Setiap latihan mental diatas dapat meningkatkan jumlah sirkuit yang aktif didalam otak. Semakin banyak sirkuit, semakin banyak asosiasi, makin besar pula kemampuan mengingat.
Share this article :

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Galeri Bocah - by Andry Andreas Panggabean | Blog Belajar SEO | Optimasi Blog di Google
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger