SERBA-SERBI :

Cara Menghindari Penipuan Belanja Online

Ditulis oleh Andre pada hari Minggu, 03 Juni 2012 | 20.01


Internet telah membuat banyak hal menjadi sangat mudah dan praktis. Tidak hanya dalam hal komunikasi, tapi juga dalam hal berbelanja. Kemudahan yang didapat ketika membeli suatu barang yang dijual di internet membuat banyak orang mulai mengalihkan perhatiannya kepada toko yang ada di dunia maya dibandingkan toko-toko yang sering nangkring di pinggir jalan.

Namun kekurangan yang tetap tak bisa dihindari dalam berbelanja baik online maupun offline adalah adanya kemungkinan mendapatkan penjual yang menipu. Dibalik kemudahan, tetap saja ada kejahatan. Kegiatan belanja online yang tadinya sangat menyenangkan menjadi menakutkan karena saat ini banyak sekali penipu yang berkeliaran di dunia maya. Parahnya lagi, mereka mengatakan dirinya 'penjual barang', padahal mereka hanyalah seorang penipu.

Sudah banyak orang yang tertipu dalam berbelanja online, oleh sebab itu sebaiknya anda berhati-hati. Jangan sampai anda menjadi korban berikutnya. Di artikel yang saya tulis tentang 'Ciri-ciri Penipuan Online Shop, banyak sekali orang yang mengadu bahw mereka telaht tertipu. Miris memang, oleh sebab itu berhati-hatilah dalam berbelanja online.

Berikut tips mengenai Cara Menghindari Penipuan Belanja Online, namun sebelumnya saya ingin menjelaskan lagi sedikit mengenai 2 jenis toko online, yaitu:

  1. Toko online dalam bentuk website sendiri.
  2. Toko online yang nebeng di jejaring sosial Facebook atau Twitter.

Berhati-hati memilih toko online tempat anda berbelanja, baik yang dalam bentuk website ataupun yang nebeng di jejaring sosial. Selengkapnya simak dibawah ini.

  1. Waspadalah terhadap toko online yang menggunakan website yang domain gratisan atau blog yang masih menggunakan subdomain. Seorang pemilik situs toko online seharusnya sudah mempertimbangkan matang-matang segala hal yang dapat membuat situsnya terlihat lebih professional. Jika tidak menggunakan hosting sendiri, paling tidak mestilah ia membeli domain sendiri. Walaupun hal ini tidak sepenuhnya benar, tapi toko online yang menggunakan domain sendiri jelas membuktikan bahwa mereka benar-benar serius menekuni bisnis online.
  2. Hati-hati dengan toko online yang nebeng di Facebook. Sudah banyak orang yang tertipu oleh para penjual gadungan di Facebook. Kalaupun berbelanja lewat toko online di Facebook, pastikan mereka memiliki identitas yang jelas serta reputasi yang baik dari para konsumennya. Satu lagi, pastikan mereka tidak memblokir halaman wall-nya, sehingga semua testimoni dan keluhan para konsumen bisa terlihat dan membuktikan apakah ia penipu atau tidak.
  3. Jangan hanya mempercayai reputasi suatu toko online hanya lewat testimoni yang terlihat dilayar. Pelajari status toko tersebut untuk mengetahui apakah mereka benar-benar menjual barang atau hanya 'menjual kebohongan'. Caranya cek langsung ke lokasi toko atau bertanya kepada keluarga atau juga teman yang mungkin kebetulan tinggal satu kota atau dekat dengan alamat toko tersebut. Cari semua informasi mulai dari Nama, Nomor HP, Rekening dll, sebab di Internet biasanya telah ada Data Record Penipuan.
  4. Pepatah modern mengatakan 'Google adalah jendela dunia'. Hampir sama seperti poin-poin diatas. Cari tahu sebanyak-banyaknya informasi tentang toko online tersebut dengan cara browsing di Google. Caranya cukup mudah, ketik nama situs toko online tersebut di Google dan sertakan kata kunci 'penipu'. Misalnya 'tokohardware penipu'. Saya harap anda tidak akan terkaget dengan fakta mengenai situs toko online tersebut yang mungkin bertolak belakang dengan apa yang anda ketahui selama ini.
Itulah sedikit yang bisa saya jabarkan mengenai Cara Menghindari Penipuan Belanja Online. Sekiranya sobat lebih berhati-hati dalam menjalin transaksi dengan orang-orang didunia maya. Pastikan anda tidak bertransaksi dengan orang yang salah. Jika ada yang ingin menambahkan atau memberi tahu toko online penipu, silahkan berkomentar dibawah ini.
Share this article :

Artikel Terkait:

2 komentar:

  1. wah bagus ni info biar gak asal kalo mo blanja online

    BalasHapus
  2. js olshop, jangan beli disitu karena fiktif
    ane mesan MP4 gen 5 sampai sekarang ga ada barangnya.

    BalasHapus

 
Copyright © 2011. Galeri Bocah - by Andry Andreas Panggabean | Blog Belajar SEO | Optimasi Blog di Google
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger