SERBA-SERBI :

Mengapa Matahari Digolongkan Sebagai Bintang?

Ditulis oleh Andre pada hari Minggu, 25 Maret 2012 | 14.44


Matahari yang selalu menyinari bumi kita ini memiliki ukuran begitu besar dibandingkan dengan berbagai benda langit di angkasa. Sesungguhnya matahari termasuk bintang yang ukurannya biasa saja jika dibandingkan dengan bintang lainnya yang berukuran jauh lebih besar darinya. Namun, tetap saja matahari merupakan bintang yang sangat istimewa bagi penghuni seluruh jagat raya ini.

Nah, jika berbicara soal bintang, waktu saya kecil saya sudah mendapat persepsi bahwa bintang itu berbentuk segi 5 dan bercahaya.. Saya yakin sobat pun begitu. Ketika saya mulai beranjak remaja barulah saya menyadari bahwa itu tidak benar. Namun, sekarang saya melihat sebuah fakta menarik yang menjadi tanda tanya, yaitu matahari digolongkan sebagai bintang. Nah, mengapa matahari digolongkan sebagai bintang?

Nah, jawabannya simpel sekali. Karena matahari mengeluarkan cahanya sendiri, bukan memantulkan sinar dari benda langit lainnya. Sama seperti bintang yang bersinar pada malam hari, mereka itu mengeluarkan cahaya sendiri. Lantas, coba perhatikan Bulan. Ia termasuk benda planet yang bercahaya, namun apakah ia termasuk bintang? Tentu tidak, alasannya karena cahaya yang ia keluarkan adalah cahaya yang dipantulkan dari sinar matahari.
Share this article :

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Galeri Bocah - by Andry Andreas Panggabean | Blog Belajar SEO | Optimasi Blog di Google
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger