SERBA-SERBI :

Tips Merawat Flashdisk

Ditulis oleh Andre pada hari Sabtu, 31 Maret 2012 | 13.35


Siapa sih yang gak kenal si imut-imut satu ini? Saya rasa semua orang sudah pada tahu jika kita bilang 'flashdisk'. Walaupun kecil, perangkat imut satu ini memang sangat bermanfaat, terutama bagi kita pemakai komputer. Sebelum flashdisk kita mengenal yang namanya disket. Disket merupakan sebuah media penyimpanan yang berbentuk kotak tipis, namun lebih tebal dari CD. Namun seiring kemajuan zaman, flashdisk pun muncul dan perlahan eksistensi disket mulai musnah dan digantikan oleh flashdisk.

Dewasa ini flashdisk memiliki sangat banyak macam dan jenisnya. Seiring dengan perkembangan teknologi, munculnya flashdisk juga mengalami perubahan. Perubahan yang sangat banyak dijumpai dalam perkembangan flashdisk adalah bentuk dan besar kapasitas data yang dapat ditampungnya.

Walau secanggih apapun, tetap saja flashdisk bukanlah barang yang 'anti rusak'. Berbagai hal dapat menyebabkan kerusakan pada flashdisk, seperti jatuh ataupun terkena air.Tentunya sobat tidak mau mengalami rugi karena kehilangan data berharga yang telah disimpan di dalam flashdisk. Oleh sebab itu, ada beberapa tips agar flashdisk sobat tidak mudah rusak dan lebih awet.

  • Berikan gantungan ataupun tali yang dapat digantungkan dan menjadi pertanda flashdisk sobat. Ukuran flahsdisk yang kecil membuatnya mudah terjatuh atau hilang. Oleh sebab itu memberikan tali atau gantungan dapat mengurangi resiko tersebut.
  • Jauhkan dari tempat yang memiliki suhu ekstrim, misalnya panas dan dingin yang berlebihan. Contohnya, jangan suka meletakkan flashdisk di jok motor yang sedang dikendarai, karena sangat berpotensi mempercepat kerusakan flashdisk.
  • Selain suhu yang ekstrim, jauhkan juga dari medan magnet yang tinggi, misalnya dari speaker atau televisi.
  • Selalu menutup flashdisk setelah memakainya. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah masuknya kotoran dan karat dari flashdisk.
  • Backup data yang sobat simpan di flashdisk ke media penyimpanan yang lain agar jika flahsdisk anda mengalami masalah, anda tidak perlu khawatir kehilangan data.
  • Hindari benturan keras pada flashdisk supaya komponen didalamnya bisa lebih awet dan tahan lama.
  • Jika sobat sering menggunakan flashdisk di komputer-komputer lain seperti warnet, saya sarankan agar sobat selalu melakukan scanning pada flashdisk karena virus sering masuk ke flashdisk dan berpotensi membuat data sobat menjadi rusak (corrupt).
  • Nah ini yang paling terakhir dan penting. Ketika siap menggunakan flashdisk, jangan asal cabut. Tapi cabutlah sesuai prosedur yang benar dengan cara meng-eject flahsdisk terlebih dahulu menggunakan ikon Safely Remove Hardware yang ada di sudut kanan taskbar.

Sekiranya itulah beberapa tips merawat flashdisk agar lebih awet. Semoga bermanfaat :)
Share this article :

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Galeri Bocah - by Andry Andreas Panggabean | Blog Belajar SEO | Optimasi Blog di Google
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger