SERBA-SERBI :

Cara Berkomentar di Blog Dengan Benar

Ditulis oleh Andre pada hari Kamis, 03 Mei 2012 | 20.59


Membuat artikel yang berkualitas serta memiliki nilai mutu yang tinggi tentunya merupakan tugas para blogger. Memang bukan hal mudah, namun itu adalah hal mutlak bagi blogger yang memang ingin blognya bernilai dimata pengunjung, tidak hanya bernilai oleh search engine. Jika sudah begini, otomatis tenaga dan pikiran serta wawasan akan lebih banyak terkerahkan agar bisa membuat artikel yang memang berkualitas.

Apabila sudah membuat artikel yang memang memiliki kualitas dan dibuat bukan sekedar untuk mencari traffic, tentunya kita sebagai blogger menginginkan respon yang baik pula dari orang-orang yang membaca artikel kita tersebut. Respon itu bisa ditunjukkan dengan memberi komentar di artikel yang kita tulis. Bisa dipastikan kita menginginkan komentar yang memang relevan dengan apa yang kita tulis dan tidak sekedar untuk mendapatkan backlink.

Namun, bagaimana perasaan anda jika mendapati artikel yang anda tulis diberi komentar hanya sekedar 'mantap gan infonya!'? Saya bisa pastikan sobat akan jengkel. Ya, begitupun saya yang menulis artikel ini dengan sedikit perasaan jengkel dikarenakan orang yang melakukan 'spam komentar'.

Ketika mengecek halaman beranda blog saya, saya melihat widget 'Recent Comments' yang ada dibagian bawah blog saya dipenuhi dengan komentar-komentar yang baru. Saya sempat merasa senang, namun ketika saya cek baik-baik melalui opsi Komentar yang ada di halaman Dashbboard, saya melihat sesuatu yang mengecewakan sekaligus sangat menjengkelkan. Lihat gambar dibawah ini


Sekilas terlihat seolah banyak komentar baru yang masuk, namun jika diperhatikan baik-baik komentar tersebut berasal dari satu orang yang menamai dirinya 'Apung'. Yang lebih menjengkelkan lagi, ternyata ia memberi komentar yang hanya sekedar untuk mencari backlink.

Sebenarnya saya ingin langsung saja memasukkan komentar-komentar tersebut ke dalam kotak spam. Namun setelah saya pikir-pikir, kasihan juga dia karena telah bersusah payah membuat komentar-komentar tersebut. Tapi saya pikir lagi, komentar-komentar seperti itu sama saja dengan spamming, oleh sebab itu saya putuskan untuk memasukkannya ke dalam kategori Spam. Hanya beberapa saja yang saya 'loloskan' untuk tampil di blog saya.

Ini bisa sobat jadikan pelajaran berharga kedepannya, bahwa setiap blogger menginginkan respon yang baik dari orang-orang yang membacanya, dan respon tersebut bisa diwujudkan dengan memberi komentar yang benar. Berikut cara berkomentar di blog dengan benar.

  1. Luangkan waktu untuk membaca artikel tersebut. Atau jika ingin menghemat waktu, minimal sobat tahu poin-poin penting dari tulisan tersebut.
  2. Setelah mengetahui poin-poin penting dari artikel, berilah komentar sesuai dengan poin-poin tersebut. Contohnya jika artikel berjudul Definsi Backlink, tentu poin-poin pokoknya adalah tentang backlink dan SEO. Maka sobat bisa beri komentar yang berkualitas misalnya 'gan kl masalah dofollow nofollow emangnya berpengaruh ya?'. Atau jika artikelnya membahas tentang Cara Menyambungkan Twitter ke Facebook, berilah komentar misalnya 'thanks mas udah berbagi triknya. izin praktek yah'.
  3. Gunakan identitas yang jelas. Jika anda ingin mendapatkan backlink, silahkan gunakan opsi 'Name/URL' yang ada pada kotak komentar Blogspot. Jangan gunakan Anonyimous.


Membuat artikel berkualitas adalah tugas setiap blogger, oleh sebab itu jika sobat ingin memberi komentar, berkomentarlah yang berkualitas pula. Jangan berkomentar yang hanya sekedar ingin mendapatkan backlink, sehingga pada akhirnya komentar anda akan dianggap sebagai spamming dan situs anda akan mendapatkan reputasi yang buruk dari orang lain. Salam blogger!
Share this article :

Artikel Terkait:

9 komentar:

  1. wah bener2 info yang sangat menarik gan

    BalasHapus
  2. kasihan juga ya gan si Apunk.. hihihihihihihihi.. untung aja gan blognya saya belum ada yang kayak begitu dan semioga gak bakal ada.. karena kalau aya bayangin sih memang kesel banget kalau di gituin... semua berteman kalau masalah blog semua butuh silaturahmi biar bisa simbiosis mutualisme.. saling menguntungkan...

    salm kenal gan.. dan salam sesama blogger

    BalasHapus
  3. Punya ane jangan di masukin ke folder spam ya gan...

    nih ane terang-terangan nitip lapak.. blog ane baru satu bulan belum genap.. berisi tentang kumpulan blog-blog yang memasng cbox/shoutmix... udah terkumpul sekitar 300 an lebih ... dan akan bertambah gan..

    mudah-mudahan komentar ane kagak di hapus ya gan...
    makasih ya gan..

    BalasHapus
  4. qiqiqiqiqi jadi malu nih, ane juga pernah begitu tuh gan, kadang nggak baca artikel cuma untuk mendapatkan backlink untuk web ane daster grosir ane cuma kasih koment " nice artikel " , kalau komen seperti ini, dimasukin spam juga nggak , hehehehehehe .........

    BalasHapus
  5. gan klu blum punya blog gimana mau komen di blog yg tidak ada anonymos nya .
    Padahal komen kita baik dan nyambung

    BalasHapus
  6. komen yang berkelas hanya menurunkan citra, blogger profesional komennya selalu bermutu.
    hehe..

    BalasHapus
  7. Memang terkadang kita sebagai pengunjung hanya sekedar berkunjung saja kemudian meninggalkan komentar yang sebenarnya kurang bermutu, sayapun menyadari itu sob,,,oleh karena itu saya selalu berusaha untuk memahami sebuah artikel yang akan saya berikan komentar,,,semoga sahabat semua berbuat seperti itu,,,

    BalasHapus

 
Copyright © 2011. Galeri Bocah - by Andry Andreas Panggabean | Blog Belajar SEO | Optimasi Blog di Google
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger