SERBA-SERBI :

Tips Berenang Untuk Pemula

Ditulis oleh Andre pada hari Sabtu, 26 Mei 2012 | 10.07


Salah satu olahraga yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh selain Lempar Lembing adalah berenang. Dengan berenang secara rutin, dapat membuat badan menjadi lebih sehat dan rileks. Bahkan, berenang dapat membantu pertumbuhan tinggi badan kita. Bahkan tidak kalah menyehatkan dibanding menonton Piala Eropa 2012, hehehe.

Olahraga renang boleh dikatakan sangat minim terhadap resiko cedera fisik. Hal ini dikarenakan ketika berenang seluruh berat badan ditahan oleh air atau mengapung. Bagi mereka yang memiliki kelebihan berat badan, ibu hamil serta penderita arthritis, sangat disarankan untuk berenang secara rutin.

Berenang itu sebenarnya tidak sulit. Seperti kata pepatah, "Alah Bisa Karena Biasa", begitupun dalam berenang. Barangkali sebagian dari anda belum bisa berenang dengan baik atau sedang ingin memulai kegiatan rutin berenang. Berikut tips yang bisa anda baca mengenai tahapan-tahapan awal yang sangat mendasar dalam berenang.

Tips Berenang Bagi Pemula

  1. Sebagai permulaan, awalilah belajar renang di kolam yang dangkal. Hal ini demi menghindari segala resiko yang mungkin terjadi jika berenang di kolam yang dalam.
  2. Latihlah pernafasan anda. Caranya bisa dengan menenggelamkan kepala didalam air untuk beberapa saat, hingga anda merasa perlu mengambil nafas.
  3. Lanjutkan dengan belajar mengapung. Caranya adalah dengan menggoyangkan kaki dengan pelan hingga badan serta kepala terapung. Ingat, kaki bergerak tanpa menyentuh lantai.
  4. Nah setelah dua langkah diatas. Cobalah berenang sejauh yang anda bisa lakukan. Sebagai permulaan, gunakan

Lakukan tahapan-tahapan diatas setiap anda berenang. Jangan lupa, untuk menghindari segala kemungkinan buruk seperti keram, lakukan gerakan pemanasan terlebih dahulu. Tidak hanya itu, gerakan pemanasan juga berguna untuk meningkatkan suhu tubuh dan detak jantung secara bertahap dan juga lakukan pendinginan setelah selesai berenang agar suhu tubuh dan detak jantung tidak menurun secara drastis dengan cara berenang perlahan-lahan selama 5 menit.

Pemanasan dapat dimulai dengan cara melakukan gerakan-gerakan yang ringan. Contohnya mengayunkan kaki dan tangan, atau bisa juga dengan berlari-lari kecil disekitar kolam renang selama kira-kira 15 menit.
Share this article :

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Galeri Bocah - by Andry Andreas Panggabean | Blog Belajar SEO | Optimasi Blog di Google
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger