SERBA-SERBI :

Tips Meningkatkan Kecepatan Berlari

Ditulis oleh Andre pada hari Jumat, 18 Mei 2012 | 10.40

Salah satu olahraga yang sangat baik dalam menjaga kesehatan tubuh adalah olahraga lari. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari berlari. Tak heran banyak sekali atlit-atlit lari yang kondisi tubuhnya sangat sehat.

Dalam suatu situasi, ada kalanya lari dalam kecepatan tinggi sangat diperlukan. Contohnya ketika kita sedang menghindar dari kejaran orang-orang yang mencoba mengganggu atau menyakiti. Dalam sitasi tersebut kecepatan anda berlari sangat berguna untuk membantu anda menyelamatkan diri.


Pada dasarnya kita dianuerahi kaki yang sangat baik untuk berlari. Hal ini terbukti dengan fakta bahwa kecepatan lari manusia pada umumnya adalah 10m/s. Namun jika kita sering berlatih, kecepatan lari kita dapat ditingkatkan. Ada beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk meningkatkan kecepatan berlari.

  1. Meningkatkan Efisiensi dalam Berlari
    Jika Anda seperti kebanyakan pelari, Anda mungkin melangkah di atas tanah dengan keras, coba melangkah lebih pendek dan halus dengan berlari menggunakan ujung kaki anda. Cara itu berfungsi untuk mengefesiensikan lari Anda.

  2. Tingkatkan jumlah langkah kaki anda.
    Dengan langkah yang menyempit, cobalah melangkah dengan lebih cepat. Sebagai permulaan bisa dengan 180 langkah per menit.

  3. Berlatih sekali seminggu dengan intensitas tinggi.
    Trik ini bisa diterapkan dengan catatan dilakukan dengan penuh intensitas. Lakukan dengan lima hingga enam interval dalam kurung waktu 2 atau 3 menit. Sewajarnya latihan ini dilakukan pada trek 400 meter sehingga anda bisa melihat interval waktu anda serta memeriksa seberapa banyak kemajuan anda.

  4. Coba aktivitas lainnya.
    Jika anda sedang merasakan lelah pada otot kaki anda, maka sangat direkomendasikan untuk beraktivitas seperti bersepeda atau menaiki tangga sebanyak satu hingga dua kali sehari. Dengan begitu kekuatan kaki anda akan mengalami peningkatan

  5. Biasakan diri untuk Stretching setiap pagi.
    Stretching dipagi hari sangat baik untuk menjaga agar tubuh anda tetap fit. Sangat dianjurkan untuk anda jadikan kebiasaan rutin, apalagi bagi anda yang sudah tua. Terlebih jika anda seorang pelari, Anda harus meluruskan paha belakang, betis, gluts, dan fleksor pinggul hampir setiap hari.

  6. Jika diperlukan, turunkan berat badan.
    Kelebihan berat badan dapat mempengaruhi kecepatan berlari seseorang. Seumpama membawa beban ekstra bagi seorang pelari. Oleh sebab itu jika berat badan anda dirasa sedikit mengganggu anda dalam meningkatkan kecepatan berari, maka kurangilah. Disarankan membaca artikel Tips Menurunkan Berat Badan.

  7. Beristirahat yang cukup
    Selain berlatih, kita juga perlu beristirahat. Berikan porsi yang cukup untuk beristirahat. Misalnya satu hari setelah latihan.
Share this article :

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Galeri Bocah - by Andry Andreas Panggabean | Blog Belajar SEO | Optimasi Blog di Google
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger